RAPAT KOORDINASI EVALUASI KINERJA KESEKRETARIATAN TRIWULAN II TAHUN 2025
DAN PENYUSUNAN SASARAN KINERJA PEGAWAI
PENGADILAN AGAMA SE-JAWA TENGAH
Semarang|pta-semarang.go.id (17/07/2025)
Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang sukses menyelenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Kesekretariatan Triwulan II Tahun 2025 dan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang diikuti oleh seluruh Sekretaris serta Kasubbag Kepegawaian dan Ortala dari Pengadilan Agama se-wilayah Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan di Wonosobo pada tanggal 14 s.d 16 Juli 2025. Rakor ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi, menyelaraskan pencapaian kinerja kelembagaan, serta menyamakan persepsi terkait penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) berbasis kinerja dan digitalisasi.
Rakor dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Dr. Mohamad Jumhari, S.H., M.H. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa peran kesekretariatan tidak hanya administratif, tetapi juga strategis dalam menjaga mutu layanan peradilan agama, termasuk dalam hal pengelolaan kepegawaian, perencanaan, hingga pengelolaan teknologi informasi. Beliau juga mendampingi pelaksanaan kegiatan dengan baik.
Rangkaian Rakor diisi dengan penyampaian tiga materi utama yang sangat relevan dengan kebutuhan reformasi birokrasi dan transformasi digital di lingkungan peradilan:
1. Strategi Penerapan Keamanan Informasi pada Pengelolaan Aplikasi Pemerintahan
Materi ini disampaikan oleh narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Reno Ramdano selaku CyberSecurity Analyst dengan Aulia Ardiansyah S., S.H., M.H. sebagai moderator. Disampaikan bahwa transformasi digital dalam pemerintahan, termasuk sistem informasi peradilan, menuntut adanya sistem pengamanan informasi yang terintegrasi dan berkelanjutan.
Beberapa poin penting yang disampaikan antara lain:
- Kondisi Keamanan Siber Global dan di Indonesia
- Insiden Keamanan Siber
- Strategi Peningkatan Keamanan Informasi pada Pengelolaan Aplikasi
- Strategi Peningkatan Keamanan Informasi untuk Pengguna
- Analisis Kasus Insiden Siber
2. Evaluasi Kinerja Kesekretariatan Triwulan II Tahun 2025
Disampaikan oleh narasumber Ibu Karyarini Fatonah, S.H., M.M. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan moderator Suparijanto Sigit, S.H., M.M. sebagai moderator, materi ini memuat hasil evaluasi terhadap capaian kinerja kesekretariatan di seluruh Pengadilan Agama se-Jawa Tengah pada Triwulan II tahun 2025. Pokok bahasan meliputi:
- Website Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah Triwulan II Tahun 2025
- Sassaran Kinerja Pegawai (SKP) yang harus disesuikan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU)
- SIKEP pegawa agar data selalu update 100%
- Presensi yang sekarang sudah menerapkan scan wajah dengan memperhatikan titik koordinat lokasi kantor satuan kerja
- Mutasi dilakukan melalui Baperjakat
- Kompetensi dan Pengelolaan SDM, untuk membuat analisa kebutuhan diklat dan mengusulkan secara berjenjang melalui tingkat banding
- Rekapitulasi IKPA DIPA 01 dan DIPA 04 Peradilan Agama Se-Jawa Tengah
- Realisasi Anggaran DIPA 01 dan DIPA 04
3. Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) oleh Tim Perumus sesuai Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022
Materi ini disampaikan oleh Sekretaris Pengadilan Agama Demak, Mulyono, S.Kom., Sekretaris Pengadilan Agama Blora, Kamarudin, S.H.I. dan Sekretaris Pengadilan Agama Temanggung, Akbar Syaiful, S.H. yang berfokus pada penyesuaian penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) pada organisasi.Beberapa poin yang dibahas antara lain:
- Penyesuaian format SKP terbaru: integrasi antara perencanaan kinerja individu dan unit organisasi.
- Penggunaan aplikasi e-Kinerja Mahkamah Agung dalam input dan pemantauan SKP.
- Pentingnya peran atasan langsung dalam melakukan pembinaan, pemantauan, dan evaluasi berkala kinerja pegawai.
Rangkaian kegiatan Rakor diakhiri dengan sesi pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Ibu Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. yang memberikan arahan inspiratif kepada seluruh peserta. Dalam pembinaannya, beliau menekankan bahwa keberhasilan organisasi peradilan agama sangat bergantung pada soliditas tim kerja di setiap satuan kerja. Tidak cukup hanya mengandalkan individu yang kompeten, tetapi dibutuhkan sinergi yang kuat dalam tim untuk mencapai kinerja yang maksimal.
"Teamwork adalah kunci utama. Ketika semua bagian bekerja dalam satu irama dan tujuan yang sama, maka hasil kerja akan jauh lebih optimal. Tidak ada unit yang bisa bekerja sendiri. Semuanya harus saling mendukung," ujar beliau.
Beliau juga menegaskan pentingnya menjaga integritas, akuntabilitas, dan semangat inovasi di lingkungan kesekretariatan, serta mendorong transformasi digital dalam tata kelola birokrasi peradilan agama.
Sebagai bentuk nyata dari semangat inovasi tersebut, dalam kesempatan yang sama, Ibu Ketua PTA Semarang juga secara resmi meluncurkan aplikasi “SIMKERJA” (Sistem Informasi Manajemen Kinerja), sebuah inovasi berbasis teknologi informasi yang digagas oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sukoharjo, Eko Sambudhi, S.T.
Aplikasi SIMKERJA dirancang untuk mempermudah proses pemantauan dan pelaporan kinerja pegawai, menyelaraskan SKP dengan target organisasi, serta meningkatkan efisiensi dan akurasi manajemen kinerja ASN di lingkungan peradilan agama. Launching aplikasi ini disambut antusias oleh seluruh peserta Rakor sebagai salah satu terobosan yang potensial untuk direplikasi di satuan kerja lainnya.
Dengan adanya pembinaan, arahan strategis, dan peluncuran inovasi tersebut, diharapkan seluruh satuan kerja di bawah wilayah PTA Semarang semakin kuat dalam kolaborasi, adaptif dalam inovasi, dan unggul dalam pelayanan publik.