logo webpta

on . Hits: 71

RAPAT KERJA PTA. SEMARANG 2022

“EVALUASI & STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI”

 Rapat 1 1

Semarang, 10/01/22 | Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. memimpin acara Rapat Kerja PTA. Semarang tahun 2022. Raker yang dimulai pada pukul 13.00 WIB tersebut diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi, Pejabat struktural, Fungsional serta ASN Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Acara dipandu oleh Sekretaris PTA. Semarang Abdul Mutalip, S.Ag, S.H., M.H. diawali dengan doa permohonan semoga tahun baru ini memberikan semangat baru untuk meningkatkan prestasi-prestasi yang telah dirah bersama.

Untuk mengawali komitmen kerja aparatur PTA. Semarang, Wakil Ketua PTA. Semarang juga memimpin penandatanganan Pakta integritas, dan untuk menggelorakan semangat perubahan maka diteriakan bersama-sama yel-yel Pengadilan Tinggi Agama untuk meraih WBBM.

Rapat 5 1

Rapat 6 1

Dalam Rapat Kerja yang dilaksanakan di aula PTA. Semarang tersebut, Wakil Ketua PTA Semarang menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran PTA. Semarang yang selama tahun 2021 telah melaksanakan acara-acara monumental dan inovasi-inovasi untuk peningkatan pelayanan di Peradilan Agama di Jawa Tengah dan khususnya di Pengadilan Tinggi Agama. Walaupun tahun 2021 PTA. Semarang belum dapat meraih WBBM, namun persiapan dan kerja-kerja untuk meraih WBBM telah dilakukan. Untuk itu acara yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk Evaluasi kinerja tahun 2021 dan menyusun strategi agar jajaran Peradilan Tinggi Agama Semarang dapat meningkatkan prestasi tahun 2022, meningkatkan pelayanan kepada Pengadilan Agama se-Jawa Tengah dan tentunya yang kita harapkan adalah meraih predikat WBBM, demikian beliau menyampaikan arahannya.

rapat 2 1

Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam Rapat Kerja tersebut diantaranya adalah : pertama, SIPP PTA. Semarang tahun 2021 berada di ranking 5 nasional, untuk itu perlu kita evaluasi agar pada tahun 2022 peringkat tersebut naik; kedua, Standarisasi ruang sidang sesuai surat edaran Badilag karena ruang sidang yang ada menjadi temuan Tim Penilai APM dari Badilag yang harus ditindak lanjuti untuk disesuaikan; Fungsi Pembinaan PTA kepada Pengadilan Agama dapat dilakukan dengan luring maupun daring. Pembinaan secara daring dapat dilaksanakan kapan saja melalui media dan aplikasi-aplikasi yang ada seperti Si Anjasmara dan Sindoro, Hakim Tinggi Pengawas Daerah dapat mengetahui kondisi Pengadilan Agama yang menjadi binaannya. Untuk itu kepada Majelis Hakim ketika memeriksa perkara banding disamping membuat putusan juga harus membuat catatan-catatan yang nantinya dapat sebagai materi pembinaan ke Pengadilan Agama. Ada beberapa usulan dari Hakim Tinggi berkaitan dengan Pembinaan dan Pengawasan. Dra. Hj. Zulaecho, M.H. mengusulkan untuk pengawasan internal agar dilakukan monev setiap bulan dengan agenda masing-masing bagian menyampaikan kegiatan kegiatan yang dilaksanakan beserta kendalanya kepada masing-masing HAWASBID, sedangkan Drs. H. Zaenal Hakim, S.H. mengusulkan agar Hawasda dan Hawasbid membuat form penilaian untuk obyek yang diawasi. Ketiga, Harapan kita Bersama pada tahun 2022 yaitu meraih WBBM, untuk itu perlu dibentuk tim program kerja sesuai masing-masing bidang (Pemeriksaan perkara, penanganan perkara, pembinaan dan pengaduan) untuk sarpras yang perlu diperhatikan adalah halaman depan tidak boleh numpuk mobil parkir (sebab jika ada mobil tamu datang akan sulit untuk memutar).

Rapat 3 1

Adapun tambahan beberapa hal yang disampaikan Wakil Ketua adalah, untuk ASN apakah perlu memakai pakaian KORPRI setiap tanggal 17 sebagai wujud komitmen ASN karena dilingkungan PTA Semarang pemakaian pakaian korpri hanya pada upacara 17 Agustus dan untuk pengawasan akan lebih baik dilaksanakan lebih awal kira-kira pada bulam Maret 2022. Pada kesempatan tersebut Sekretaris PTA. Semarang menyampaikan beberapa hal: pertama, tentang realisasi anggaran 2021 dan anggaran tahun 2022 serta kronologis belanja modal pengadaan tanah untuk PTA. Semarang; kedua, Pelaksanaan Surveillance APM, ZI menjadi satu kesatuan; dan ketiga, PPNPN tahun anggaran 2022 diarahkan untuk menjadi PPPK karena berangsur-angsur akan dihilangkan karena kaitannya dengan Peraturan Menteri Keuangan.

Rapat 4 1

Rapat diakhiri pada pukul 16.00 dengan closing statement bersama. Jadikan kegagalan sebagai keberhasilan yang tertunda. Mari kita evaluasi kegagalan tersebut untuk menyusun strategi. Tahun 2022 seluruh jajaran PTA. Semarang harus lebih semangat agar prsetasi-prestasi yang dibanggakan dapat diraih.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor