logo webpta

on . Hits: 908

Audiensi Ketua PTA Semarang dengan Gubernur Jawa Tengah untuk Membangun Sinergi Pelaksanaan Percepatan Layanan Hukum bagi Masyarakat Jawa Tengah

Semarang |pta-semarang.go.id (7/9/2021) Ketua PTA Semarang didampingi Wakil Ketua PTA. Semarang, Hakim Tinggi serta Panitera dan Sekretaris berkesempatan untuk audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Rumah Dinas Gubernur Puri Gedeh pada Selasa (07/09/2021). Audiensi yang diterima dengan penuh kekeluargaan oleh Gubernur Jawa Tengah yang sangat energik tersebut juga dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Biro Kesra Provinsi Jawa Tengah. Maksud dan tujuan audiensi disampaikan oleh Ketua PTA. Semarang tentang rencana PTA Semarang untuk melakukan percepatan layanan hukum untuk masyarakat Jawa Tengah dengan basis digital, terutama dalam penyelesaian sita eksekusi. Instansi di bawah Pemda Provinsi Jawa Tengah yang akan digandeng adalah Pertama, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jawa Tengah (Dismermadesdukcapil) dalam hal pemberian layanan terbitnya KK (Kartu Keluarga) dan KTP baru dengan status baru pasca perceraian. Kedua, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah terkait Layanan Keadilan untuk Penyandang Disabilitas pencari keadilan, dan Ketiga, DP3P2KB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan KB) dalam hal penyajian data perceraian dan program yang bersinergi tentang pencegahan perceraian dan pencegahan kawin anak yang menjadi program unggulan Gubernur Jawa Tengah “JO KAWIN BOCAH” dan yang tidak kalah penting adalah kerjasama dengan Pemeintah Kabupaten dan Kota sebagai punggawanya kelurahan (lurah) dan desa (kepala desa) lewat program Kerjasama mempercepat dan memperlancar penyampaian panggilan para pihak yang berperkara di pengadilan.

Gubernur 1

Selain Pemprov Jawa Tengah, PTA. Semarang juga akan menggandeng 4 instasi yaitu Kumham, Kemenkeu lewat DJKN KPKNL, Polda, BPN dan juga MAPPI. Silaturrahmi ini ingin mengajak Bapak Gubernur untuk berkenan membuat MOU bersama 4 instansi terkait tersebut, agar percepatan layanan hukum kepada masyarakat Jawa Tengah dapat dilaksanakan dan tentunya dengan harapan masyarakat Jawa Tengah terlayani masalah hukumnya dengan maksimal. Demikian disampaikan Drs. H. Alwi Mallo, SH kepada orang nomor satu di Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo tersebut.

Gubernur sangat berterimakasih dan menyambut sangat baik sekali rencana PTA. Semarang yang akan melakukan percepatan layanan kepada masyarakat Jawa Tengah. Pada prinsipnya apa program-program untuk percepatan layanan sangat didukung apalagi yang berbasis IT karena masyarakat Jawa Tengah harus terus di edukasi, kalau bisa dikerjakan dengan simple dan cepat kenapa harus berlama-lama. Untuk pengalaman tentang layanan difabel layak diperhatikan, ada cerita menarik yang diceritakan Gubernur, pernah suatu saat beliau kedatangan tamu di Puri Gedeh yang kebetulan adalah para difabel. Sejak saat itu beliau mulai belajar bagaimana memberi layanan untuk para difabel, maka dibuatlah kemiringan jalan menuju rumah dinas Puri Gedeh yang kebetulah ada trap-nya dan ternyata kemiringan tersebut ada ketentuannya.

Gubernur 3

Untuk MOU orang nomor 1 (satu) di Jawa Tengah ini berprinsip bahwa apapun yang dilakukan untuk kebaikan masyarakat Jawa Tengah beliau selalu mensuport untuk segera direalisasikan dan akan siap kapanpun untuk tanda tangan. Bahkan selorohnya, kalau mungkin siap malam ini bisa ditandatangani mau ditandatangani dimana saja, dan Gubernur juga akan menfasillitasi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk percepatan layanan hukum kepada masyarakat Jawa Tengah.Merespon antusiasime Gubernur yang luar biasa, Ketua PTA. Semarang sangat berterimakasih, insya Allah penandatanganan akan direncanakan pada minggu depan.

Gubernur 2

Disela-sela obrolan santai dengan Gubernur, Ketua PTA. Semarang juga menyampaikan tentang penerapan protokoler di Pemerintah Daerah kaitannya dengan keberadaan PTA dan PA yang intinya bahwa agar ada keseragaman dalam penerapan protokoler tersebut. Gubernur Jawa Tengah menerima baik masukan tersebut dan langsung memerintahkan Biro Hukum supaya disampaikan kepada Humas Provinsi untuk berkoordinasi dengan Humas PTA. Semarang. Terimakasih Bapak Gubernur, semoga selalu sehat dan dimudahkan nggulo wentah masyarakat Jawa Tengah. (ns)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor