logo webpta

on . Hits: 845

Pola Pikir dan Budaya Kerja dalam Penyelesaian Perkara pada Pengadilan Agama Se Wilayah Jawa Tengah Telah Berubah

Oleh Ma’sum Umar 

 

Semarang | pta-semarang.go.id (11/6/2021)

Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang dikomandani Drs. H. Zaenal Hakim, S.H., Hakim Tinggi PTA Semarang pada medio tahun 2020 telah mengembangkan aplikasi Monitoring Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Aplikasi ini menghubungkan secara langsung server PTA Semarang dengan server masing-masing Pengadilan Agama di Jawa Tengah.

Aplikasi ini lahir antara lain untuk membuat lebih efektif dan efisiennya fungsi pengawasan dan pembinaan oleh PTA Semarang sebagai Kawal depan Mahkamah Agung kepada Pengadilan Agama di Jawa Tengah. Dengan memanfaatkan aplikasi ini maka kinerja tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama dapat secara langsung dipantau real time, cepat, tepat dan akurat. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat Pengadilan Agama di Jawa Tengah memanfaatkan teknologi informasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi peradilan.

Dengan menggunakan aplikasi ini Pengadilan Tinggi Agama Semarang dapat mengetahui kinerja Pengadilan Agama se Jawa Tengah melalui SIPP sehingga dapat dirumuskan kebijakan pembinaan oleh Pimpinan PTA Semarang dimana dapat diketahui data perihal perobahan pola pikir dan budaya kerja, yang pada gilirannhya dapat digunakan untuk merumuskan kebijakan serta tindak lanjut pengembangan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang ada.

Berikut terlampir data yang diambil setiap minggu pada hari Jum’at di bulan September s/d Desember 2020 serta pada bulan Januari s/d April 2021. Adapun data diambil dengan cara mengklasifikasikan Pengadilan Agama menurut jumlah beban perkara per tahun dan dikategorikan dalam 4 (empat) kelompok besar sebagaimana yang dilakukan oleh Badilag, yaitu:

  1. Kategori I dengan beban perkara 1 – 250 perkara
  2. Kategori II dengan beban perkara 251 – 1000 perkara
  3. Kategori III dengan beban perkara 1001 – 2500 perkara
  4. Kategori IV dengan beban perkara >2500 perkara

Yaitu dengan cara mengolah data penyelesaian perkara setiap minggu, publikasi perkara setiap minggu, dan data tiap minggu terakhir penilaian dalam tiap bulan yang disajikan dalam bentuk grafik untuk memudahkan penghitungan dalam pengolahan berdasarkan nilai rata-rata.

Dari hasil pengolahan data tersebut dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

Bahwa dari hasil monitoring pelaksanaan tugas dan fungsi Peradilan Agama dalam hal penyelesaian perkara dan publikasi putusan tahun 2020 dari bulan September s/d Desember dapat disimpulkan:

Kategori beban perkara 1 – 250

Pada bulan September hingga Desember seluruh Pengadilan Agama dengan kategori beban perkara 1 – 250 telah menyelesaikan perkara dan publikasi putusan dengan sangat baik.

Kategori beban perkara 251 – 1000

Pada bulan September hingga Desember terjadi peningkatan setiap bulan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai penyelesaian perkara yang terus meningkat sebagai berikut :

-        Pada bulan September terdapat satu Pengadilan Agama dengan nilai dibawah 89 (merah) dan empat Pengadilan Agama dengan nilai dibawah 92 (kuning)

-      Pada bulan Oktober mengalami peningkatan kinerja, terbukti dengan tidak adanya nilai dibawah 89 (merah). Sedangkan Pengadilan Agama yang nilainya dibawah 92 (kuning) berjumlah empat Pengadilan Agama.

-       Pada bulan November mengalami peningkatan kinerja, yaitu terdapat tiga Pengadilan Agama dengan nilai penyelesaian perkara dibawah 92 (kuning). 

-       Pada bulan Desember megalami peningkatan kinerja, yaitu hanya terdapat dua Pengadilan Agama dengan nilai penyelesaian perkara dibawah 92 (kuning).

Kategori beban perkara 1001 – 2500

Pada bulan September hingga Desember terjadi fluktuasi sebagai berikut:

-       Pada bulan September semua Pengadilan Agama menyelesaikan perkara dengan sangat baik.

-       Pada bulan Oktober dan November terdapat satu Pengadilan Agama dengan nilai dibawah 89 (merah).

-       Pada bulan Desember terjadi peningkatan kinerja yaitu tidak ada Pengadilan Agama yang nilainya dibawah 89 (merah) dan terdapat satu Pengadilan Agama yang nilainya dibawah 92 (kuning)

Kategori beban perkara > 2500
Semua Pengadilan Agama menyelesaiakan perkara dengan sangat baik.


Hasil monitoring dari bulan September hingga Desember kinerja Pengadilan Agama rata-rata meningkat dari bulan ke bulan.


Hasil monitoring pelaksanaan tugas dan fungsi Peradilan Agama dalam hal penyelesaian perkara dan publikasi putusan tahun 2021 dari bulan Januari hingga April cenderung meningkat.
-       Pada bulan Januari terdapat satu Pengadilan Agama dengan kinerja cukup dengan perolehan nilai dibawah 89 (merah). Serta terdapat enam Pengadilan Agama dengan kinerja baik dengan perolehan nilai dibawah 92 (kuning)
-      Pada bulan Februari hanya ada satu Pengadilan Agama dengan perolehan nilai dibawah 92 (kuning).
-   Pada bulan Maret dan April semua Pengadilan Agama memperoleh nilai diatas 92 dengan kinerja sangat baik.

Hasil monitoring pelaksanaan tugas dan fungsi Peradilan Agama penyelesaian perkara dan publikasi putusan tahun 2021 adalah
-   Bulan Januari s/d April 2021 terdapat 29 Pengadilan Agama dengan presentase 95 % menyelesaikan perkara dengan sangat baik.
-  Bulan Februari s/d April 2021 sudah sangat signifikan dengan presentase penyelesaian perkara dan publikasi putusan mencapai 100% (Sangat Baik).
-  Sudah terjadi perubahan pola pikir dan budaya kerja yang sangat baik di semua lingkungan Pengadilan Agama se- wilayah hukum PTA Semarang.

Rekomendasi
-    Pola pikir dan budaya kerja pelaksanaan tugas dan fungsi yang sudah sangat baik agar dipertahankan
-    Perlu dukungan SDM, teknologi informasi, dan sarana prasarana lanjut untuk menyediakan layanan prima menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Adapun data Penyelesaian Perkara dan Publikasi Putusan pada Pengadilan Agama se-Wilayah Jawa Tengah dapat dilihat pada link dibawah ini:

[DATA]

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor