logo webpta

on . Hits: 464

RAPAT KOORDINASI DIREKTORAT JENDERAL BADAN PERADILAN AGAMA TAHUN 2021

Semarang, 02/03/21 | Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang didampingi Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris mengikuti acara Rapat Koordinasi Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama MARI tahun 2021 via zoom meeting. Rakor yang diikuti oleh seluruh Peradilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia tersebut dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung RI Yang Mulya Prof. Dr. HM. Syarifuddin, SH, MH di dampingi Wakil Ketua Bidang Yudisial, Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, Sekretaris, Panitera dan juga Dirjen Badilag MARI yang bertempat diruang command center MARI.

pembukaan

Dalam sambutannya YM Ketua Mahkamah Agung menyampaikan “Pengembangan dan implementasi inovasi yang berbasis teknologi informasi merupakan ciri salah satu ciri peradilan yang modern, yaitu transparansi, akuntabilitas, aksesibilitas”

pembukaan2

Pada kesempatan tersebut YM Ketua Mahkamah Agung meresmikan 6 aplikasi yang merupakan inovasi Ditjen Badilag yaitu Pusat Data Perkara, Portal Ekonomi Syari’ah, Aplikasi PTSP Online Pengadilan Tingkat Banding, Aplikasi Penilaian APM, e-Laporan dan Aplikasi Virtualisasi Surat Izin Online (Vision+) di lingkungan Peradilan Agama.

Ketua Mahkamah Agung menyambut baik dan sangat mengapresiasi munculnya inovasi-inovasi di Ditjen Badilag. Inovasi tersebut lahir sebagai bukti adanya atmosfir kreatif dan inovatif di lingkungan Peradilan Agama.

Dalam Pembukan Rakor tersebut Dirjen Badilag DR. Drs. H. Aco Nur, SH, MH menyampaikan bahwa yang diselenggarakan 2 hari, hari Selasa - Rabu tanggal 2-3 Maret 2021 adalah rakor pertama Badilag yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dan streming chanel youtube Badilag karena pada saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19. Rakor diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera & Sekretaris Pengadilan Agama dan pengadilan Tinggi Agama Se-Indonesia. Peserta tersebut dibagi menjadi 3 komisi yaitu : Komisi Teknis Yustisial, Komisi Kepaniteraan dan Komisi Kesekretariatan dengan Nara Sumber Para Hakim Agung Kamar Agama MARI.

Disamping nara sumber dari internal Mahkamah Agung. Badilag juga mengundang 5 Nara Sumber dari ekternal yaitu :

  1. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI Askolani, S.E., M.M.tentang Penguatan Hukum Ekonomi Syariah
  2. YM. Prof. Adigung Datuk Setya, Dr. H. Mohd. Naim Mokhtar sebagai Ketua Jabatan Kehariman Syariah Malaysia tentang Penerapan Hukum Nafkah Anak Pasca Perceraian di Malaysia.
  3. YM. Judith Ryan yang menjabat Hakim Divisi Banding FCoA di Sydney Australia tentang Gugatan Mandiri di Australia.
  4. Syeikh Dr. Abdur Rahman At Thamimi dari Universitas Islam Muhammad Bin Sa’ud Arab Saudi dengan materi tentang Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah di Arab Saudi.
  5. Leisha Lister sebagai Senior Advissor AIPJ 2 menyampaikan Perlindungan Anak yang lebih Baik Pasca PerceraianSementara itu materi tentang Gugatan Mandiri di Australia disampaikan oleh Y.M. Judith Ryan yang menjabat Hakim Divisi Banding FCoA di Sydney Australia. Dari Universitas Islam Muhammad Bin Sa’ud Arab Saudi,Syeikh Dr. Abdur Rahman At Thamimi akan menyampaikan materi tentang Penyelesaian Sengketa Perbankan Syariah di Arab Saudi. Dan,  Leisha Lister sebagai Senior Advissor AIPJ 2 menyampaikan Perlindungan Anak yang lebih Baik Pasca Perceraian.

Pada tanggal 3 Maret 2021, Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PTA Semarang juga mengikuti acara hingga selesai. Hari kedua rakor diisi dengan agenda penyerahan penghargaan kepada satker berprestasi dan penutupan rakor. Penghargaan yang diberikan adalah :

  1. Penyerahan sertifikat akreditasi penjaminan mutu;
  2. Satker yang menerima anugerah WBK dan WBBM;
  3. Penghargaan SIPP rata-rata tertinggi tahun 2020;
  4. Penghargaan Pengadilan Agama yang konsisten berada dalam posisi sepuluh besar berturut-turut selama tahun 2020;
  5. Penyerahan hadiah lomba decorum dan K3;
  6. Penghargaan kinerja triwulan terbaik tahun 2020;
  7. Penghargaan website terbaik tahun 2020;
  8. Penghargaan Penyerapan tertinggi anggaran DIPA 04 tahun 2020;
  9. Penghargaan eksaminasi terbaik tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut Pengadilan Tinggi Agama Semarang mendapatkan penghargaan sebagai satker yang meraih predikat WBK. Dalam arahannya Dirjen Badilag menyampaikan bahwa Badilag mendapat apresiasi sebagai peradilan yang menggerakan modernisasi peradilan, menuju birokrasi yang berkelas dunia, selain itu juga penyampaian apresiasi kepada para pihak yang mengikuti rangkaian acara Rakor Badilag Tahun 2021 dan berpesan untuk jangan berpuas diri dengan apa yang sudah didapat, harus terus bergerak dan berinovasi dengan tujuan menberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

penghargaan pta

penutupan rakor

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor