logo webpta

on . Hits: 445

PELANTIKAN 3 HAKIM TINGGI DAN 13 KETUA PA DI LINGKUNGAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG SERTA 2 HAKIM PA. PEMALANG

pelantikan 23 3

Selasa, 23 Februari 2021 Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengadakan pelantikan Hakim Tinggi, Pengambilan Sumpah Jabatan Ketua PA dan pelantikan Hakim PA Pemalang sekaligus dirangkai dengan pelepasan Ketua PTA Semarang dan pelepasan 6 orang Ketua PA yang mendapatkan mutasi dan promosi ke PTA atau PA di luar PTA Semarang. Acara yang diselenggarakan di ballroom Hotel Grasia Jl. S. Parman tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Semua pejabat yang dilantik serta pengantar harus menunjukkan hasil test rapid antigen dengan hasil negatif.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 tersebut dihadiri oleh Pimpinan PTA. Semarang, Hakim Tinggi PTA. Semarang, Ketua PTA. Bandung beserta isteri, Ketua PTA. Pontianak,  perwakilan pimpinan PTA. Jakarta, serta perwakilan dari PA yang Ketuanya dilantik. Ketiga Hakim Tinggi yang mendapatkan SK mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Semarang adalah Drs. H. A. Agus Baha’uddin, M.Hum. (dari PTA Jakarta), Drs. H. Ahmad Munthohar, S.H., M.H. (dari PTA Pontianak), Drs. H. Masyhudi Hs., S.H., M.H. (dari PTA Banten). 

pelantikan 23 2

Adapun 13 Ketua PA yang dilantik adalah :

  1. Drs. H. Abd Malik, S.H., M.S.I. semula Ketua PA Metro Kelas I A sekarang Ketua PA Kendal Kelas I A;
  2. Akhmad Kholil Irfan, S.Ag., S.H., M.H. semula Wakil Ketua PA Banyumas Kelas I B sekarang Ketua PA Banyumas Kelas I B;
  3. Drs. Ahmad Nasohah, M.H. semula Wakil Ketua PA Semarang Kelas I A sekarang Ketua PA Kebumen Kelas I A;
  4. Antoni Said, S.Ag. semula Wakil Ketua PA Temanggung Kelas I B sekarang Ketua PA Temanggung Kelas I B;
  5. H. Mursid, S.Ag., M.Ag. semula Wakil Ketua PA Batang Kelas I B sekarang sebagai Ketua PA Batang Kelas I B;
  6. Drs. Nasrulloh, S.H. semula Ketua PA Arga Makmur Kelas I B sekarang Ketua PA Wonogiri Kelas I B;
  7. Drs. Yenisuryadi, M.H. semula Wakil Ketua PA Blora Kelas I B sekarang Ketua PA Sukoharjo Kelas I B;
  8. Mhd. Harmaini, S.Ag., S.H. semula Wakil Ketua Stabat Kelas I B sekarang Ketua PA Purbalingga Kelas I B;
  9. Fakhrurazi, S.Ag., M.H.I. semula Wakil Ketua Boyolali Kelas I B sekarang Ketua PA Karanganyar Kelas I B;
  10. Senen, S.Ag., M.H. semula Wakil Ketua PA Karanganyar Kelas I B sekarang Ketua PA Tegal Kelas IB;
  11. H. Ahmad Farhat, S.Ag., S.H., M.H.I. semula Wakil Ketua PA Mungkid Kelas I B sekarang Ketua PA Mungkid Kelas I B;
  12. Zainal Arifin, S.Ag. semula Wakil Ketua PA Jepara Kelas I B sekarang Ketua PA Kudus Kelas IB;
  13. Siti Fadiah, S.Ag., M.H. semula Wakil Ketua PA Purworejo Kelas I B sekarang Ketua PA Purworejo Kelas IB;

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan 2 orang Hakim Pengadilan Agama Pemalang yang dilantik oleh Ketua PTA. Semarang dikarenakan saat ini Pengadilan Agama Pemalang terjadi kekosongan Pimpinan (Ketua Pengadilan Agama Pemalang purna tugas dan Wakil Ketua kosong), yaitu Drs. Abdullah Shofwandi, M.H. dan Drs. Ah. Fudloli, M.H.

Rangkaian acara pelantikan diawali dengan lagu Bagimu Negeri dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas.

Setelah acara pelantikan dilanjutkan dengan perkenalan. Perkenalan Hakim Tinggi diwakili oleh Drs. H. A. Agus Baha’udin, SH, M.Hum, perkenalan dari Ketua PA diwakili oleh Ketua PA. Kebumen dan yang terakhir adalah perkenalan Hakim PA. Pemalang.

 pelantikan 23 5

Dalam sambutannya, Ketua PTA. Semarang, Drs. H. M. Alwi Mallo, SH, M.H. menyampaikan selamat datang kepada ketiga Hakim Tinggi yang baru dilantik di PTA. Semarang, dengan harapan kehadiran Hakim Tinggi yang baru di PTA Semarang ini dapat lebih meningkatkan kinerja Pengadilan Tinggi Agama Semarang baik dalam memutus perkara maupun dalam hal pembinaan dan pengawasan karena dari segi kuantitas putusan (jumlah putusan) yang diputus Hakim PTA Semarang dalam 2 tahun ini mencapai 100%, suatu prestasi dan capaian yang membanggakan dan harus dipertahankan. Sedangkan dari segi kualitas menurut Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial dalam pembinaannya pada 11 Pebruari 2020 lalu adalah putusan yang dijatuhkan secara professional, yaitu putusan yang prosedural dan proporsional. Prosedural itu menepati hukum acara/hukum formil, sedangkan proportional diartikan sebagai menegakkan nilai-nilai keadilan dan tidak memakai “kacamata kuda” dalam memutus, yaitu putusan yang memenuhi unsur yuridis, sosiologis dan filosodis. Sehingga tingkat kepuasan masyarakat pencari keadilan terhadap putusan Majelis Hakim bisa lebih meningkat, khususnya putusan tingkat banding. Karena sebagaimana yang dilaporkan Ketua Mahkamah Agung dalam laporan tahunan yang lalu tingkat kepuasan masyarakat terhadap putusan Tingkat Banding hanya sebesar 47,28%, yang artinya lebih dari 50% atau lebih dari separohnya merasa tidak puas dan kemudian melakukan upaya hukum kasasi. Khususnya di PTA Semarang yang mengajukan upaya hukum kasasi tahun 2020 sebanyak 126 perkara dari 405 perkara yang diputus atau sebesar 31,11% yang merasa tidak puas terhadap putusan kita. Mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik lagi. Demikian harapan Ketua PTA Semarang yang disampaikan dalam sambutannya.

Kepada Ketua PA yang baru dilantik, Ketua PTA Semarang menyampaikan ucapan selamat dan sukses, semoga kehadiran bapak dan ibu dapat menambah semangat dan meningkatkan kinerja di satker masing-masing dengan menerapkan atau melakukan 11 aplikasi dari Badilag.

pelantikan 23 6

Kepada semua Koordinator Wilayah serta semua Ketua PA yang ada di Jawa Tengah, Ketua PTA Semarang mengingatkan kembali beberapa hal yang dipesankan oleh Bapak Dirjen Badilag dalam Pembinaan Awal Tahun 2021 bulan Januari lalu:

  1. Bahwa semua Pengadilan Agama (juga PA di Jawa Tengah) pada tahun ini harus maju mengikuti penilaian Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
  2. Agar diterapkan dengan baik aplikasi gugatan mandiri, aplikasi TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan kemiskinan) yaitu aplikasi data kemiskinan untuk pembebasan biaya perkara, dan aplikasi validasi Akta Cerai. Aplikasi validasi akta cerai ini juga agar disosialisasikan kepada pejabat KUA agar dapat melakukan validasi AC melalui perangkat HP nya.
  3. Terkait dengan kepercayaan masyarakat terhadap Pengadilan Agama maka kualitas SDM para hakim harus ditingkatkan sehingga dapat menghasilkan putusan yang berkualitas, terutama perihal ekonomi syariah (sejalan dengan pembinaan Ketua Kamar Agama bahwa perkembangan ekonomi syariah sudah pesat). Hal ini sudah dijembatani Badilag dengan melakukan MoU dengan DSN (Dewan syariah Nasional) diantaranya agar dapat memperoleh fatwa-fatwa DSN yang menjadi sumber hukum bagi Bank Indonesia dan OJK.

Hal-hal tersebut dititipkan kepada semua Pimpinan serta semua Hakim Pengadilan Agama di Jawa Tengah untuk diperhatikan penerapannya di satker masing-masing.

Kepada Ketua PA yang mutasi atau promosi, yaitu Drs. H. Mohamad Moenawar Subkhi, M.H., Drs. H. Muhammad Syafi, S.H., M.H., Drs. Muhammad Dhihyah Wahid, Drs. H. Udin Najmudin, S.H., M.H., Drs. Kholis, M.H. Dra. Hj. Suhaimi, M.H., ke tempat tugas yang baru. Ketua PTA. Semarang mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi sumbangsih tenaga, pikiran dan finansial.  Semoga beliau-beliau yang mutasi dan promosi ini dapat mencurahkan semua potensinya lebih baik lagi di kantor yang baru.

Sebagai Pimpinan yang baru di PTA Semarang kami mengajak baik secara internal PTA Semarang maupun seluruh satker, mari kita pertahankan capaian dan prestasi yang telah diperoleh Bapak Bahruddin. Hal ini dapat dicapai dengan adanya kerjasama dan dukungan diantara PTA Semarang dan seluruh satker di Jawa Tengah. Mengakhiri sambutannya Ketua PTA. Semarang mengucapkan selamat datang di Semarang, kepada Ketua PTA Pontianak dan Ketua PTA Bandung beserta isteri dan rombongan dalam menghantarkan tugas bapak-bapak Hakim Tinggi yang baru saja dilantik dan bergabung di PTA Semarang. Kami mohon maaf apabila dalam penyambutan kami terdapat kekurangan-kekurangan yang membuat tidak nyaman dan tidak berkenan di hati.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor