11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bapak Drs. H. Shofrowi, S.H, M.H. dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Bapak Drs. H. Mohammad Nor Hudlrien, S.H., M.H.dan Bapak H. Humam Iskandar, S.H., Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.."

APRESIASI DAN PENGANUGERAHAN PREDIKAT ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM TAHUN 2020

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang|pta-semarang.go.id (21/12/20)

Pada pagi hingga siang hari ini Senin, 21 Desember 2020, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang bersama Wakil Ketua, Hakim Tinggi serta Pejabat Struktural Fungsional memenuhi undangan Dirjen Badilag Mahkamah Agung R.I. dalam acara Penyerahan Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). PTA Semarang bersama 4 (empat) Pengadilan Agama di Jawa Tengah, yaitu: PA. Pati Kelas IA, PA. Pemalang Kelas IA, PA. Wonosobo Kelas IA dan PA. Magelang Kelas II termasuk diantara 51 satker lain di Peradilan Agama yang berhasil membangun Zona Integritas dan meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Acara yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun sebagai rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi sedunia oleh Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dihadiri Wakil Presiden R.I. KH Ma’ruf Amin secara virtual serta Pimpinan Kementerian dan Lembaga, termasuk Wakil Ketua Mahkamah Agung R.I. secara langsung serta seluruh Penerima Penghargaan Zona Integritas Tahun 2020 yang hadir secara langsung maupun secara virtual.

   

Predikat Zona Integritas menuju WBK dan WBBM merupakan sebuah apresiasi kepada instansi pemerintah yang mampu dan berusaha lebih untuk membangun unit kerja percontohan yang berintegritas dan melayani dengan prima. Unit percontohan ini yang akan menularkan virus-virus perubahan sehingga semakin mendorong kemajuan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Untuk tahun 2020 ini menurut Plt. Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Drs. H. Jufri Rahman, M.Si,  terdapat 3691 unit kerja yang diusulkan kepada Tim Penilai Nasional dan yang berhasil ke tahap evaluasi lanjutan sebanyak 2570 unit kerja, selanjutnya yang berhasil lolos dalam panel akhir sebanyak 763 unit kerja, dengan rincian  681 unit kerja pelayanan ditetapkan WBK dan 82 unit kerja pelayanan ditetapkan WBBM. Predikat WBK/WBBM ini tidak bersifat permanen, artinya jika berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi nanti masih ditemukan fakta yang bertentangan dengan predikat WBK/WBBM maka predikat ini bisa dicabut kembali.

Wakil Presiden R.I., K.H. Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil meraih predikat Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan bagi yang belum berhasil meraihnya agar senantiasa terus berbenah diri dan mengejar ketertinggalan dan memperbaiki segala kekurangan. Dalam arahannya juga disampaikan bahwa Reformasi Birokrasi (RB) merupakan pilar penentu keberhasilan tercapainya visi Indonesia Maju maka Pemerintah berkomitmen untuk memperkuat dan mempercepat Reformasi Birokrasi (RB) di seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dalam konteks ini harus dipastikan tegaknya integritas birokrasi. Keberhasilan pelaksanaan RB harus didukung dengan upaya yang serius dalam menciptakan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Keberhasilan RB sangat ditentukan oleh SDM yang unggul dan berintegritas yang sangat dibutuhkan sebagai agen perubahan untuk kemajuan. Untuk itu pemerintah terus memperkuat langkah, dan memperluas cakupan Zona Integritas dan menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang bersih, pelayanan publik yang optimal, kapasitas birokrasi yang handal dan akuntabel serta SDM Aparatur yang professional.

Wakil Presiden juga mengingatkan perihal ukuran konsep integritas berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatus Sipil Negara, pertama, kejujuran, agar dipegang kuat sebagai satu nilai dasar, yang diyakini dan diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas, kedua, kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan, tunjukkan komitmen untuk patuh dan didukung sikap moral secara bertanggungjawab, ketiga, kemampuan bekerjasama, tingkatkan kolaborasi dan profesionalisme untuk kinerja yang terbaik, keempat, pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara, memberikan pelayanan terbaik, mementingkan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi dan kelompok. Setiap ASN harus mempunyai komitmen untuk membangun budaya integritas untuk mengatasi setiap tekanan dan ancaman untuk tidak melakukan pelanggaran.

Lebih lanjut dikemukakan Wakil Presiden bahwa keberhasilan pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dalam era Revolusi Industri 4.0 masyarakat semakin menuntut pelayanan public yang cepat, tepat dan berkualitas maka diharapkan seluruh penyelenggara pelayanan public untuk meningkatkan akselerasi dan perbaikan pelayanan public secara berkelanjutan dan berkesinambungan dan menciptakan inovasi-inovasi terbaik untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis.

 

Mari bersama membangun negeri dengan melakukan percepatan Reformasi Birokrasi melalui pembangunan Zona Integritas. SALAM PERUBAHAN.

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com