11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Bapak Dr. Drs. H. Masduqi, S.H, M.H, Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. "

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANITERA PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG DAN PENGANTAR PURNABAKTI HAKIM TINGGI, PENGANTAR ALIH TUGAS KEPALA BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN SERTA PENGANTAR ALIH TUGAS PANITERA MUDA HUKUM

on . Posted in Berita Kegiatan

Surakarta, 13/11/2020 | Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang telah melantik dan mengambil sumpah jabatan H. Ma’sum Umar, S.H., M.H. sebagai Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang menggantikan Tukiran, S.H., M.M. yang telah purnabakti pada bulan April 2020 lalu. Dengan demikian Jabatan Panitera yang kosong selama 7 (tujuh) bulan lebih ini, sekarang sudah terisi berdasarkan  Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1728/DJA/KP.04.6/SK/9/2020 tentang Pengangkatan/Pemindahan dalam Jabatan Kepaniteraan di Lingkungan Peradilan Agama. H. Ma’sum Umar, S.H., M.H. sebelumnya  merupakan Panitera dari Pengadilan Tinggi Agama Mataram, yang dulu juga pernah menjadi Panitera  saat Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. memimpin Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

Pada sambutannya, Ketua pengadilan Tinggi Agama Semarang sangat mengharapkan agar antara Panitera dan Sekretaris terjalin kerjasama  yang kompak dan harmonis terutama saat ini Pengadilan Agama se Jawa Tengah sedang fokus dalam usaha meraih akreditasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera yang berlangsung di Lorin Solo Hotel, dirangkai dengan Pengantar Purnabakti Hakim Tinggi dan Pengantar Alih Tugas Kepala Bagian Umum dan Keuangan serta Panitera Muda Hukum Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Drs. Heru Marsono, S.H., M.H. Hakim Tinggi  Pengadilan Tinggi Agama Semarang telah menerima Surat Keputusan dari Presiden RI Nomor 126/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian dengan Hormat dari Jabatan Hakim di Lingkungan Peradilan Agama yang masa tugasnya hingga akhir bulan November. Sedangkan pejabat yang promosi yaitu Hj. Laila Istiadah, S.Ag. yang sebelumnya Kepala Bagian Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Agama Semarang menjadi Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya, dan Dra. Hj. Nur Laela, M.H. yang promosi menjadi Panitera Pengadilan Agama Kendal.

Pada sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang sangat bangga atas prestasi yang telah diraih serta mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Sdr. Drs. Heru Marsono, S.H., M.H., Sdri. Hj. Laila Istiadah, S.Ag., dan Sdri. Dra Hj. Nur Laela, M.H. “Saya mohon maaf apabila terdapat sikap yang kurang berkenan kepada Saudara dan Saudari selama bertugas, tidak ada maksud saya untuk itu, mungkin hanya terbawa alur suasana pelaksanaan tugas yang kita emban.” Demikian permohonan maaf Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang kepada Hakim Tinggi dan Pejabat yang dilepas.

Sulit untuk dilukiskan perasaan para hadirin yang terdiri dari para Hakim Tinggi, Ketua Korwil Pengadilan Agama, Panitera dan Sekretaris se Jawa Tengah, Pejabat dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Semarang serta para pengurus dan anggota Dharmayukti Karini cabang Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari itu, karena di kesempatan yang sama telah dilaksanakan acara berbeda suasana. Suasana bahagia dengan dilantiknya Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan suasana sedih dan haru karena ada acara perpisahan dengan Hakim Tinggi yang purna tugas dan 2 pejabat Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang promosi. Namun demikian acara tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat.

Bahkan dalam kesempatan yang masih ada sebelum adzan sholat jumat bergema, juga diluncurkan aplikasi Sindoro (Sistem Informasi Dokumen Resmi Online) oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Aplikasi Sindoro ini merupakan inovasi dalam bidang kesekretariatan yang dilahirkan oleh Tim IT Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang telah ditunggu sekian lama oleh kesekretariatan Pengadilan Agama se Jawa Tengah. Aplikasi ini mengakomodir seluruh keperluan dinas kesekretariatan yang pertama sistem tata persuratan dan aplikasi lainnya, yang dirangkum dalam rumah besar aplikasi Sindoro. Inovasi dalam bidang aplikasi online ini tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

 

 

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com