LAUNCHING DAN SOSIALISASI APLIKASI E-BUDGETING DAN APLIKASI SISTEM TATA PERSURATAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang (13/10/20) | Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari ini Selasa, 13 Oktober 2020 bertempat di ruang Command Center PTA Semarang telah melaunching aplikasi E-Budgeting dan aplikasi Sistem Tata Persuratan Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Dalam sambutannya Ketua PTA Semarang mengucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi atas inovasi-inovasi dalam bidang IT yang telah dihasilkan. “Patut kita dukung kreatifitasnya dan semoga lebih sukses lagi pengembangan ke depannya”, demikian apresiasi Ketua PTA Semarang.

 

Setelah selesai acara launching dilanjutkan dengan sosialisasi kedua aplikasi tersebut kepada seluruh Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional PTA Semarang oleh Masnan Eriyanto, S.E., Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi yang mensosialisasikan perihal Aplikasi E-Budgeting dan Darin Raharjo, S.Kom, pejabat Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran yang mensosialisasikan Aplikasi Sistem Tata Persuratan.

 

Dalam pemaparan kedua nara sumber diketahui bahwa kedua aplikasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk menuju Peradilan Yang Modern dengan menerapkan system administrasi yang “paperless”, dimana dalam Aplikasi E-Budgeting memanfaatkan media internet dalam pengiriman berkas-berkas dan data dukung dalam Penyusunan Anggaran Peradilan Agama se Jawa Tengah. Demikian pula Aplikasi Sistem Tata Persuratan yang menyempurnakan aplikasi sebelumnya, yaitu Aplikasi SIPER, dimana surat masuk tidak lagi berupa hardcopy yang dilakukan penelaahan dan selanjutnya didisposisi ke pejabat yang berwenang akan tetapi hanya softcopynya saja, selanjutnya pemberian disposisi tindak lanjut penanganannya dilakukan korespondensi melalui aplikasi. Kelebihan lainnya yaitu: aplikasi ini bisa diakses oleh user dimana saja melalui peralatan HP androidnya.

 

Saat menutup rangkaian acara pada hari ini, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menyatakan bahwa perubahan system kerja yang manual menuju system kerja yang memanfaatkan Teknologi IT ini memerlukan adaptasi secara bertahap, “sedikit demi sedikit kita maju menyesuaikan dengan kemajuan zaman maka sebaiknya semua turut serta dalam gerbong perubahan ini, jangan sampai tertinggal atau bahkan tergilas oleh gerbong perubahan,” demikian pesan Ketua PTA Semarang menutup acara Launching dan Sosialisasi kedua aplikasi tersebut.