SIMULASI PENANGANAN KEBAKARAN

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang, 9/10/2020 | Pengadilan Tinggi Agama Semarang melakukan simulasi penanganan kebakaran yang bertempat di halaman kantor. Simulasi ini bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang yang diikuti seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan dipimpin langsung oleh Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.

 

 

Tepat pukul 08.30 WIB acara simulasi penanganan kebakaran dibuka dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam mencegah dan menangani kebakaran. Simulasi ini merupakan salah satu keikutsertaan Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam upaya mengamankan aset negara. Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang bahwa kebakaran tidak pernah terjadi sehingga dapat melenakan kita seakan tidak akan pernah terjadi kebakaran.

Acara dimulai dengan pembekalan materi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Bapak Drs. Daniel Sandanafu mengenai pengetahuan dan kemampuan dalam menangani kebakaran antara lain :

  1. Mengidentifikasi sumber – sumber kebakaran
  2. Hal – hal yang dapat memperparah kebakaran yaitu oksigen, bahan yang mudah terbakar dan gesekan panas
  3. Alat untuk menangani kebakaran

 

 

Dilanjutkan dengan praktek memadamkan api yang berasal dari sumber – sumber berbeda seperti tangki bensin motor dan gas LPG. Praktek pemadaman api juga dilakukan melalui media drum/tong yang dibakar. Sebelum dilakukan praktek pemadaman api oleh beberapa aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang, telah terlebih dulu diberikan arahan dan contoh memadamkan api oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Alat yang digunakan untuk memadamkan api menggunakan karung goni dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Selain itu dijelaskan juga mengenai ciri APAR yang siap pakai antara lain :

  1. Ada segel pada APAR
  2. Ada Pen pengaman
  3. Tanggal masa berlaku (masa expired)
  4. Jarum barometer tekanan berada di warna hijau
  5. Apabila APAR dibolak – balik akan terdengar seperti pasir bergerak

Acara simulasi penanganan kebakaran selesai pada pukul 10.00 WIB yang ditutup oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak Abdul Mutalip, S.Ag., M.H.