11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Bapak Dr. Drs. H. Masduqi, S.H, M.H, Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. "

SIMULASI PENANGANAN KEBAKARAN

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang, 9/10/2020 | Pengadilan Tinggi Agama Semarang melakukan simulasi penanganan kebakaran yang bertempat di halaman kantor. Simulasi ini bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang yang diikuti seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan dipimpin langsung oleh Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.

 

 

Tepat pukul 08.30 WIB acara simulasi penanganan kebakaran dibuka dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengucapkan terima kasih atas kerjasama dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam mencegah dan menangani kebakaran. Simulasi ini merupakan salah satu keikutsertaan Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam upaya mengamankan aset negara. Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang bahwa kebakaran tidak pernah terjadi sehingga dapat melenakan kita seakan tidak akan pernah terjadi kebakaran.

Acara dimulai dengan pembekalan materi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang Bapak Drs. Daniel Sandanafu mengenai pengetahuan dan kemampuan dalam menangani kebakaran antara lain :

  1. Mengidentifikasi sumber – sumber kebakaran
  2. Hal – hal yang dapat memperparah kebakaran yaitu oksigen, bahan yang mudah terbakar dan gesekan panas
  3. Alat untuk menangani kebakaran

 

 

Dilanjutkan dengan praktek memadamkan api yang berasal dari sumber – sumber berbeda seperti tangki bensin motor dan gas LPG. Praktek pemadaman api juga dilakukan melalui media drum/tong yang dibakar. Sebelum dilakukan praktek pemadaman api oleh beberapa aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang, telah terlebih dulu diberikan arahan dan contoh memadamkan api oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang. Alat yang digunakan untuk memadamkan api menggunakan karung goni dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Selain itu dijelaskan juga mengenai ciri APAR yang siap pakai antara lain :

  1. Ada segel pada APAR
  2. Ada Pen pengaman
  3. Tanggal masa berlaku (masa expired)
  4. Jarum barometer tekanan berada di warna hijau
  5. Apabila APAR dibolak – balik akan terdengar seperti pasir bergerak

Acara simulasi penanganan kebakaran selesai pada pukul 10.00 WIB yang ditutup oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak Abdul Mutalip, S.Ag., M.H.

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com