11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Bapak Dr. Drs. H. Masduqi, S.H, M.H, Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. "

WISUDA PURNABAKTI DRS. H. SALMAN ASYAKIRI, S.H., DAN DRS. H. A. TAUFIK, S.H., M.H.

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang (07/10) | Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah memimpin wisuda Purabhakti Drs. H. Salman Asyakiri, S.H., dan Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H. Hakim Tinggi di Aula Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah. Acara yang diadakan pada Rabu 07 Oktober 2020 dihadiri Wakil Ketua Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai serta Ibu-ibu Dharmayukti Karini Cabang berjalan dengan penuh kehatangan.

Acara Wisuda Purna Tugas, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dan dilengkapi dengan do’a pengantar purnabhakti dipimpin  dengan khusu’ oleh Drs. H. Mohammad Noer Hudlrien, SH, MH yang diamini oleh semua yang hadir dengan kerendahan hati memohon ridlo Allah semoga Yang Maha Kuasa mengijabah doá-doá yang telah dilatunkan.

Hakim Tinggi  Pengadilan Tinggi Agama adalah karir seorang Hakim yang tertinggi pada judex factie sebagaimana yang telah diraih bapak Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. dan  bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H. dan hal ini merupakan satu kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri yang patut untuk disyukuri. Karena tidak semua Hakim (Hakim  pada lingkungan Peradilan Agama) bisa menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama, hal ini disebabkan terbatasnya jumlah jabatan Hakim Tinggi di 29 (dua puluh sembilan) Pengadilan Tinggi Agama se Indonesia.

 

Wisuda purnabakti sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tingkat Banding ini merupakan simbol bagi seorang hakim ketika melepaskan jabatannya. Juga merupakan simbol penghargaan atas masa kerja yang telah dilaksanakan dalam menjalankan tugas sebagai pejabat negara di lingkungan Mahkamah Agung RI khususnya Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah. Rangkaian acara seremonial yang diawali dengan lantunan lagu syukur dilanjutkan dengan dengan pelepasan TOGA sebagai simbol kebesaran seorang hakim merupakan satu tahapan yang sangat penting dan bernilai historis bagi bapak Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. dan  bagi bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H. Bapak Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. per 1 Agustus 2020 sudah memasuki usia purna bakti setelah mendedikasikan hidupnya selama 38 tahun sebagai pegawai sebagai hakim dan sebagai pimpinan lembaga peradilan. Demikian juga bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H. per 1 Oktober 2020 ini sudah memasuki usia purna bakti setelah mendedikasikan hidupnya selama 35 tahun sebagai pegawai sebagai hakim dan sebagai pimpinan lembaga peradilan.

Walaupun acara dikemas secara resmi dan penuh kesakralan namun acara selanjutnya berjalan dengan penuh keakraban dan kekeluargaan. Drs. H. Salman Asyakiri, SH menyampaikan terimakasih atas kebersamaan seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Semarang selama bertugas, permohonan maaf selama kebersamaan selama ini. Saling mendoakan dalam kebaikan sebagai sesama muslim adalah arti persaudaran yang hakiki. Pengabdian sebagai pegawai peradilan telah berakhir, namun aktivitas di masyarakat telah menanti. Mohon do’a semoga selalu diberi kesehatan sehingga masih tetap bermanfaat untuk bangsa dan negara. Pada kesempatan tersebut Drs. H.A. Taufik, SH, MH menyambung dengan pantun untuk menutup kata sambutan dan pamitannya. Pantun indah mengakhiri kata pamitan di siang yang penuh kenangan. 

Pantun perpisahan

 

Kehulu mecari rama-rama,

Mendapat kerang nang masih basah,

Dahulu kita bersama-sama,

Saatnya sekarang kita handak berpisah.

 

Berguru ke Sekumpul ttg.agama,

Di mushalla raudhah tmpatnya mengaji,

Dahulu kita berkumpul bersama,

Kini handak berpisah karna tugas t'lah selesai.

 

Membuat keranjang berbahan baku daun,

Dawai dibawa buat merajutnya,

Slamat datang untukku masa pensiun,

Damai rasanya hati menyambutnya.

 

Danau Kelimutu ada di wilayah Kupang,

Datanglah ke NTT pasti kan terkesan,

Kalau ada waktu nang terluang,

Ambillah HP boleh kita SMS-an.

 

Kalaulah ada sumur di ladang,

Boleh kita, menumpang mandi,

Kalaulah ada umur panjang,

Boleh kita, saling mengunjungi.

 

Smg, 7 Okt. 20

 

Dalam kata sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah atas nama pribadi dan Institusi Mahkamah Agung R.I. megucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian panjang Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. dan  bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H., karena pasti banyak pengorbanan dan duka yang telah dilewati dan kini semoga menjadi kenangan yang indah. Dengan rasa syukur dan bangga Ketua PTA. Semarang melepas Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. dan  bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H.  sebagai Hakim Tinggi PTA Semarang dalam memasuki masa purna bakti. Semoga pengabdian Bapak berdua dicatat sebagai amal baik oleh Allah SWT, Tidak lupa ucapan terimakasih juga kami disampaikan kepada ibu dan putra-putri yg telah dengan setia mendampingi dalam bertugas mengabdi kepada bangsa dan Negara.

 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama juga menyampaikan permohonan maaf, apabila selama kita bergaul dan bekerjasama dalam melaksanakan tugas, pasti ada khilaf. Walaupun pada hari ini kita berpisah, tetapi kita hanya berpisah dalam hubungan kerja. Kita telah menjadi satu keluarga maka Kami mohon agar jangan sesekali memutuskan hubungan persaudaraan yang telah terjalin, Tetaplah saling menghubungi. Karena Bapak-bapak serta keluarga selalu ada di hati kami.

Mengakhiri kata sambutannya beliau menyampaikan : Selamat memasuki masa purnabhakti, Bapak Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. dan  Bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H. selamat menikmati hari-hari indah bersama keluarga, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kesehatan kepada Bapak sekeluarga serta dilimpahkan rahmat dan taufikNya, aamiin.

 

Kata sambutan diakhiri dengan pantun indah untuk Bapak Drs. H. Salman Asyakiri, S.H. dan  Bapak Drs. H. A. Taufik, S.H., M.H. :

 

Nampak bunga di taman yang beraneka warna,

Undang kupu-kupu untuk menghisap madu.

Selamat Bapak Salman janganlah ada duka,

Doa kami selalu, yang tetap merindumu

 

Janganlah suka melihat grafik,

Bila tidak inginkan kinerjanya membaik.

Selamat berbahagia Bapak Taufiq,

Di usia senja jangan lupa tetap romantik.

 

Bunga berseri kumbang merapat,

Kumbang biru suka menyengat.

Cahaya mentari terasa hangat,

Jalani hidup dengan semangat.

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com