11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

11 Aplikasi Unggulan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI
11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag

Access CCTV Online (ACO)

Access CCTV Online (ACO) Pengawasan secara virtual Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama sebagai media transparansi dan akuntabilitas peradilan agama
Access CCTV Online (ACO)

Pencanangan Zona Integritas

Pengadilan Tinggi Agama Semarang menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
Pencanangan Zona Integritas

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

LAPOR

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Sampaikan pengaduan, aspirasi dan permintaan informasi Anda langsung kepada kami.
LAPOR

Area Bebas Pungli

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
Area Bebas Pungli

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

JATENG TANGGAP COVID-19

Situs resmi tanggap COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah
JATENG TANGGAP COVID-19

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat datang di website resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang ::: PTA Semarang SUPER, Solid, Unggul, Profesional, Efektif, Responsif....Berita Duka: " Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya telah meninggalnya Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Bapak Dr. Drs. H. Masduqi, S.H, M.H, Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. "

PELANTIKAN HAKIM TINGGI PTA SEMARANG, PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN KETUA PA, PANITERA MUDA HUKUM DAN PANITERA MUDA BANDING SERTA PANITERA PENGGANTI PTA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang|pta-semarang.go.id (5/3/2020)

Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH.MH., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada siang hari ini, Kamis 5 Maret 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 10 Rajab 1441 Hijriah telah melantik 10 (sepuluh) orang Hakim Tinggi PTA Semarang,  yaitu: Drs. H. Rusman Mailapi, S.H..M.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Palu), Drs. H. Ali Masykuri Haidar, S.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Palangkaraya), Drs. Supardi (semula Hakim Tinggi pada PTA Gorontalo), Drs. H. Akhmad Ahsin, S.H., M.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Palangkaraya), Drs. H. Faizin, S.H., M.Hum. (semula Hakim Tinggi pada PTA Palangkaraya), Drs. H. Muhammad Nor Hudlirien, S.H.,M.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Bandung), Drs. H. Triyono Santoso, S.H.,M.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Mataram), Drs. H. Zaenal Hakim, S.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Jambi), Drs. H. Domiri, S.H., M.Hum (semula Hakim Tinggi Yustisial pada Balitbang Kumdil), Drs. H. Hasanuddin, S.H., M.H. (semula Hakim Tinggi pada PTA Palangkaraya).

Setelahnya Ketua PTA Semarang melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 8 (delapan) orang Ketua Pengadilan Agama wilayah hukum PTA Semarang, yaitu: Drs. Mohammad Moenawar Subkhi, M.H. (sebagai Ketua PA Batang Kelas I B), Dr. Muhammad Fauzi Ardi, S.H., M.H. (sebagai Ketua PA Sukoharjo Kelas I B), Drs. H. Imam Syafi’i, S.H., M.H. (sebagai Ketua PA Karanganyar Kelas I B), Drs. H. Ayip, M.H. (sebagai Ketua PA Blora Kelas I B), Drs. Mahmudin, S.H., M.H. (sebagai Ketua PA Boyolali Kelas I B), Drs.Faiq,M.H.(sebagai Ketua PA Jepara Kelas IB), Drs. Suyudi, M.Hum. (sebagai Ketua PA Wonosobo Kelas I A) dan Drs. H. Cholis, S.H., M.H. (sebagai Ketua PA Kendal Klas I A). Yang kemudian dilanjutkan dengan acara penyaksian serah terima jabatan dari pejabat lama, yaitu kepada pejabat yang baru dilantuk, yaitu: Drs. Subroto, S.H., M.H. Ketua PA Batang Kelas I B yang mutasi sebagai Wakil Ketua PA Purwodadi Kelas I A, Drs. H. Sarmin, M.H., Ketua PA Kendal Kelas I A yang promosi sebagai Ketua PA Depok Kelas I A, Drs. Muh Zainuddin, S.H., M.H. Ketua PA Wonosobo yang promosi sebagai Ketua PA Sleman Kelas I A, Drs. Imam Syafi’i, S.H., M.H., Ketua PA Jepara Kelas I B yang mutasi sebagai Ketua PA Karanganyar Kelas I B, Drs. Asep Mohamad Ali Nurdin, M.H., Ketua PA Boyolali Kelas I B yang mutasi sebagai Wakil Ketua PA Garut Kelas I A, Dra. Hj. Malihadza, S.H., M.H., Ketua PA Blora Kelas I B yang mutasi sebagai Wakil Ketua PA Pati Kelas I A, dan Drs. M. Danil, M.A. Ketua PA Karanganyar Kelas I B yang mutasi sebagai Wakil Ketua PA Surakarta Kelas I A.

Selanjutnya giliran Pejabat Kepaniteraan PTA Semarang yang disumpah dan dilantik, yaitu: Dra. Hj. Nur Laela, M.H. yang mutasi sebagai Panitera Muda Hukum PTA Semarang;, Dra. Hj. Sri Anna Ridwanah, S.Ag., M.H. yang promosi sebagai Panitera Muda Banding PTA Semarang; Serta 5 (lima) orang Panitera PA di Jateng yang promosi sebagai Panitera Pengganti PTA Semarang, yaitu; Drs. H. Machyat, semula Panitera PA Slawi Kelas I A, Drs. H. Masykur, semula Panitera PA Batang Kelas IB, Drs. H. Zamzami. M.Si, semula Panitera PA Karanganyar Kelas I B, Drs. Muhadi, semula Panitera PA Salatiga Kelas I B, Drs. H. Riyanto, semula Panitera PA Demak Kelas I B.

Sebelum dilakukan prosesi penyumpahan dan pelantikan tersebut sebanyak kurang lebih 300 (tiga ratus) orang yang terdiri dari Hakim Tinggi, Ketua PA, Panitera, Sekretaris, pejabat struktural dan fungsional PTA Semarang serta rombongan tamu pengantar yang hadir di ruang Pontjowati Patra Hotel Semarang tersebut dengan khidmat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Suasana khidmat bertambah khidmatnya saat dilantunkan kalam Allah dalam Al Qur’an oleh Sdri. Wafi’ Azizah, S.SQ. Qori’ Internasional Tahun 2016 Kuala Lumpur, dilanjutkan pemanjatan doa oleh Sdr. Drs. H. Khotibul Umam, Kepala Seksi pada Seksi Produk Halal, Pembinaan Syariah dan Sistem Informasi Urusan Agama Islam Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua PTA Semarang menyampaikan oleh-oleh dari menghadiri acara Laporan Tahunan MARI pada tanggal 26 dan 27 Februari lalu, yaitu: penyampaian isi pidato Presiden R.I. dan penyampaian program-program Dirjen Badilag pada tahun 2020 ini. Disamping itu juga mengingatkan kembali “Trilogi Tugas Pokok dan Fungsi Hakim Tinggi Peradilan Agama” yaitu: pertama, Hakim Tinggi Sebagai pemeriksa perkara, merupakan tugas utama, tugas yudisial, kedua, Hakim Tinggi Sebagai Pembina dan Pengawas Pengadilan, merupakan tugas struktural, hakim tinggi memiliki kewenangan menilai (eksaminasi) kinerja dan hasil kinerja Hakim Tingkat Pertama, dan ketiga, Hakim Tinggi Sebagai Pemikir dan Pelaku Pembaruan, merupakan tugas konseptual, yakni tugas yang berkaitan dengan, salah satunya, percepatan perwujudan visi dan misi MARI. Peran Hakim Tinggi sangat dibutuhkan dengan memberikan support kepada Pengadilan Agama yang diawasi dalam usahanya untuk menuju peradilan yang modern dengan menerapkan e-court, e-litigasi, one day minute, one day publish dan implementasi SIPP dalam usaha untuk mengimplementasikan standar pelayanan prima yang telah ditetapkan.

Sedangkan kepada Ketua Pengadilan Agama diingatkan kembali bahwa tugas dan tanggung jawab Ketua Pengadilan adalah memprioritaskan pada peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu, implementasi SIPP, penerapan aplikasi e-court dan e-litigasi, pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, mempertahankan dan meningkatkan Akreditasi Penjaminan Mutu serta updating konten website PA.

Pada ujung acara dilaksanakan pelepasan kepada Hakim Tinggi PTA Semarang yaitu Dr. H. Mulyadi Z., S.H., M.Ag. (mutasi ke PTA DKI Jakarta) dan Drs. H. Muhyiddin, M.H. (mutasi ke PTA Jawa Barat), Ketua PA yang mutasi atau promosi keluar wilayah PTA Semarang: Drs. H. Sarmin, M.H. (menjadi KPA Depok), Drs. Muh Zainuddin, S.H., M.H.   (menjadi KPA Sleman), Drs. Asep Mohamad Ali Nurdin M.H. (menjadi WKPA Garut), serta panitera Pengganti yaitu Drs. H. Parikhi, S.H. (menjadi Panitera PA Slawi) dan pegawai PTA Semarang yang mendapatkan promosi jabatan, diantaranya Misyanta, S.H. (sebagai Panitera Pengganti PA Klaten), Susiyanto Joko Sulistyo, S.H. (sebagai Panitera Pengganti PA Temanggung) dan M. Fahrudin (sebagai Pelaksana PA Boyolali).

Acara yang diselenggarakan oleh panitia dengan Drs. H. J. Thanthowie Ghanie, S.H.,M.H. sebagai Ketua Panitianya dan didukung seluruh jajaran Hakim Tinggi, pejabat dan pegawai PTA Semarang tersebut berlangsung dengan penuh khidmat dan meriah yang selanjutnya diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada yang baru dilantik oleh seluruh hadirin serta bernyanyi bersama diiringi organ tunggal profesional. (f&n)

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com