Purnabhakti Hakim Tinggi PTA Semarang

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang (29/10). Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah melepas Purnabhakti Drs. H.Arifien Bustam, S.H., M.H. bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah pada tanggal 29 Oktober 2018 Pukul 09.00 WIB yang dihadiri Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai serta Ibu-ibu Dharmayukti Karini Cabang, Ketua Koordinator Pengadilan Agama Se Jawa Tengah serta Ketua Pengadilan Agama Se Karesidenan Semarang.

Purnabhakti adalah masa yang dinantikan oleh seluruh pegawai yang telah dengan selamat mengakhiri masa bhaktinya. Di Indonesia, Jabatan Hakim adalah Jabatan karir murni dari Hakim tingkat pertama di Pengadilan dengan jumlah perkara yang relatif sedikit (Pengadilan Kelas II) sampai ke Pengadilan dengan jumlah perkara yang banyak (Pengadilan Kelas IA/IA Khusus), Pengadilan Banding dan seterusnya, dan bila mungkin adalah menjadi Hakim Agung pada Mahkamah Agung.

Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama adalah karir seorang hakim yang diraih oleh seorang yang menduduki jabatan Hakim di Pengadilan tingkat banding, salah satunya adalah Bapak Drs. H.Arifien Bustam., S.H., M.H., tidak semua Hakim ( Hakim pada lingkungan Peradilan Agama) bisa menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama karena terbatasnya jumlah jabatan Hakim Tinggi. Oleh sebab itu suatu yang membanggakan dan merupakan suatu penghargaan jabatan bila seorang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama dapat Selamat sampai pada kahir masa jabatannya.

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qurán oleh Ahmed Audy Firdause dan do’a khusus dipimpin oleh Drs. H. U. Syihabuddin, SH. Ada kesan mendalam dari sesama hakim yang disampaikan oleh Drs.H. Badawi , SH, MH pada Acara tersebut. Sosok pak arifien adalah sosok yang selalu mengajak untuk berbuat baik kepada orang lain, salah satunya adalah makan bersama untuk semua pegawai Pengadilan Tinggi Agama Seamarang adalah salah satu gagasan beliau untuk membina kebersamaan dan peduli kepada sesama.

Perjalanan karir  yang sangat panjang telah dilalui oleh Drs. H.Arifien Bustam., S.H., M.H, kurang lebih selama 42 tahun diawali sebagai Panitera Pengadilan Agama Rembang dan diakhiri dengan jabatan mulia sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah. Banyak suka dan duka yang beliau alami namun semuanya menjadi pengalaman sangat berharga bagi Drs. H.Arifien Bustam., S.H., M.H, demikian sambutan kata pamitan yang disampaikan. Akhir karir janganlah menjadikan akhir dari silaturrahmi yang telah lama dirajut. Saling mendoakan dalam kebaikan sebagai sesama muslim adalah arti persaudaran yang hakiki. Rutinitas sebagai Hakim untuk memeriksa dan memutus perkara telah berakhir, namun tugas kepada keluarga, masyarakat dan negera tidak  akan berakhir, oleh karena itu sebagai anggota korps hakim dan warga Peradilan agar tetap terjalin komunikasi dan tali silaturahmi dengan insan jajaran peradilan.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah menyampaikan “Selamat memasuki masa Purnabhakti dan Selamat atas keberhasilan dalam mengakhiri masa bakti ini dengan selamat dan tanpa satu halangan apapun, dan kita berharap dan berdoa semoga beliau akan senantiasa selalu dalam lindungan-Nya dan masih tetap selalu dapat mendharmabaktikan ilmu pengetahuan beliau dalam rangka penegakan hukum dan pembangunan hukum.

Setelah acara Pelepasan dilanjutkan dengan Ramah tamah. (red)