Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
MOHON MAAF WEBSITE PTA SEMARANG SEDANG DALAM MASA TRANSISI I Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. # Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018.

Purnabhakti

on . Posted in Berita Kegiatan

 

IMG 0326 

Semarang (28/12). Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.  Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah melepas Purabhakti Drs. Sutoyo HS, S.H., M.H. bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah pada tanggal 28 Desember 2017 Pukul 09.00 WIB yang dihadiri Hakim Tinggi, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai serta Ibu-ibu Dharmayukti Karini Cabang Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah diawali dengan Pelepasan Pin Hakim dan Pengalungan Bunga oleh Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. kepada Drs. Sutoyo HS, S.H., M.H.

IMG 0328

IMG 0335

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah menyampaikan “Selamat memasuki masa Purnabhakti dan Selamat atas keberhasilan dalam mengakhiri masa bakti ini dengan selamat dan tanpa satu halangan apapun, dan kita berharap dan berdoa semoga beliau akan senantiasa selalu dalam lindungan-Nya dan masih tetap selalu dapat mendharmabaktikan ilmu pengetahuan beliau dalam rangka penegakan hukum dan pembangunan hukum.

Wisuda Purnabhakti adalah upacara yang dinantikan oleh seluruh pejabat yang telah dengan selamat mengakhiri masa purnabhakti.  Tidak terkecuali wisuda purnabhakti sebagai hakim tinggi Pengadilan Tingkat Banding yang merupakan symbol bagi seorang hakim. Karena merupakan penghargaan atas masa kerja yang telah dilaksanakan dalam menjalankan tugas sebagai pejabat di lingkungan Mahkkamah Agung RI khususnya Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah.

Hakim adalah satu profesi penegak hukum yang berlabel Negara, yang bereda dengan profesi praktik hukum lainnya. Profesi Hakim di Indonesia adalah berbeda dengan jabatan Hakim dalam system Anglo Saxon dimana jabatan Hakim merupakan karir seorang praktisi hukum setelah menjadi Pengacara atau Penuntut Hukum. Di Indonesia, Jabatan Hakim adalah Jabatan karir murni dari Hakim tingkat pertama di Pengadilan dengan jumlah perkara yang relatif sedikit (Pengadilan Kelas II) sampai ke Pengadilan dengan jumlah perkara yang banyak (Pengadilan Kelas IA/IA Khusus), Pengadilan Banding dan seterusnya, dan bila mungkin adalah menjadi Hakim Agung pada Mahkamah Agung.

Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama adalah karir seorang hakim yng tertinggi pada judex factie sperti yang diraih oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah Bapak Drs. Sutoyo HS., S.H., M.H., tidak semua Hakim ( Hakim pada lingkungan Peradilan Agama) bisa menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama karena terbatasnya jumlah jabatan Hakim Tinggi sekarang ini sejumlah 29 (dua puluh sembilan) Pengadilan Tinggi Agama se- Indonesia. Oleh sebab itu suatu yang membanggakan dan merupakan suatu penghargaan jabatan bila seorang Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama dapat Selamat sampai pada kahir masa jabatannya.

Selama perjalanan karir  yang sangat panjang, kurang lebih selama 38 taun 9 bulan. Drs. Sutoyo HS, S.H., M.H. dikenal sebagai sosok seorang yang ulet, dengan gayanya yang luwes dalam pergaulan, keteguhan dan ketegasan dalam memimpin, yang mana sifat dan gaya itu juga terbawa saat beliau menjadi pimpinan di beberapa pengadilan agama hingga Hakim Tinggi.

IMG 0341

Rutinitas sebagai Hakim untuk memeriksa dan memutus perkara telah berakhir, namun tugas kepada keluarga, masyarakat dan Negera tidak  akan berakhir, oleh karena itu sebagai anggota korps hakim dan warga Peradilan agar tetap terjalin komunikasi dan tali silaturahmi dengan insan jajaran peradilan

Setelah acara Pelepasan dilanjutkan dengan Rapat Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah dengan Hakim Tinggi dan Panitera Pengganti. (Plh. S)

IMG 0354

Rapat Pembinaan Pimpinan Ketua PTA Jawa Tengah dengan Hakim Tinggi dan Panitera Pengganti. 

IMG 0360

Add comment

Security code
Refresh


Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com

Tautan Aplikasi