Ketua Mahkamah Agung RI

Selamat Kepada Yang Mulia Dr. H Muhammad Syarifuddin SH MH Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Terpilih Periode 2020-2025
<h2> Ketua Mahkamah Agung RI</h2>

ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpInan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un. Telah Berpulang ke Rahmatullah Bapak Ahsin Abdul Hamid, S.H., KPTA Nusa Tenggara Timur Kupang pada Hari Jumat Tanggal 28 Pebruari 2020. Semoga Almarhum khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, aamiin.

Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat

on . Posted in Pengumuman

Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 760/DJA.3/HM.01/3/2020 tanggal 2 Maret 2020 tentang pengisian instrument Survei Kepuasan Masyarakat maka diminta kepada Ketua PA Semarang, Ketua PA Demak, Ketua PA Pati, Ketua PA Kudus, Ketua PA Surakarta, Ketua PA Boyolali dan Ketua PA Slawi untuk memperhatikan surat terlampir.

[ S U R A T ]

SOSIALISASI ZONA INTEGRITAS (ZI) MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM) PADA PENGADILAN AGAMA SE KOORDINATOR KEDU

on . Posted in Berita Kegiatan

WAKIL KETUA PTA SEMARANG DALAM ACARA SOSIALISASI ZONA INTEGRITAS (ZI)

MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM)

PADA PENGADILAN AGAMA SE KOORDINATOR KEDU

 

Temanggung│27022020

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Iskandar Paputungan, S.H., M.H., membuka secara resmi Sosialisasi Zona Integritas (ZI) menuju WBK dan WBBM pada Kamis 27 Februari 2020.  Acara sosialisasi yang bertempat di Rumah Makan Jambu Klutuk Jl. Raya Parakan - Wonosobo Km 3, Tanduran, Caturanom, Parakan, Kabupaten Temanggung, diikuti oleh Ketua, Panitera, Sekretaris, Ketua Tim ZI dan Petugas IT pada 6 Pengadilan Agama di wilayah eks Karesidenan Kedu, yaitu: PA Temanggung, PA Wonosobo, PA Magelang, PA Mungkid, PA Purworejo dan PA Kebumen. Hadir pula dalam pembukaan acara tersebut Hakim Tinggi Pengawas Daerah Wilayah Kedu, Drs. H. A. Taufiq, S.H., M.H..

 

Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H., Ketua PA Mungkid selaku Ketua Koordinator menyampaikan bahwa sosialisasi ini diadakan dalam rangka melaksanakan amanat dan mengamankan salah satu kebijakan Mahkamah Agung R.I. Cq. Dirjen Badilag serta kebijakan yang ditempuh Ketua PTA Semarang bahwa seluruh Badan Peradilan di bawah Mahkamah Agung khususnya PA di Jawa Tengah lebih khusus lagi Pengadilan Agama se Wilayah Kedu tidak ada kata lain selain harus meraih predikat WBK dan WBBM melalui pembangunan Zona Integritas. Untuk mencapai itu paling tidak harus memiliki 3 (hal), yaitu: pertama, perubahan mindset/pola pikir, kedua, budaya kerja dan yang ketiga, kerja sama tim / Teamwork, yang kuat dan tangguh yang dapat dicirikan pada  komunikasi, koordinasi dan komitmen. Sehingga dapat diidentifikasi sejauh mana pelayanan publik masing-masing satker, bagaimana kualitas tingkat kinerjanya dan sinkronisasi regulasi, kebijakan dengan hasil yang akan dicapai masing-masing satker.

 

Sementara itu sebelum membuka acara secara resmi Wakil Ketua PTA Semarang mengajak para peserta kembali mengingatkan sejarah perjalanan pembangunan ZI yang dimulai dari sertifikasi ISO seluruh pengadilan, SAPM yang dirancang dan diluncurkan oleh Badilag, hingga akhirnya ZI untuk membangun WBK dan WBBM pada akhir 2019 dimana semua satker membuat deklarasi yang dihadiri para pejabat terkait dan harus ada penilaian dari Manpan.

 

Dalam pembangunan ZI ini dituntut adanya implementasi dari 6 area, yaitu:  manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Masing-masing area tersebut dijelaskan secara gamblang dan rinci oleh Wakil Ketua PTA Semarang, yang selanjutnya sebagai unsur pimpinan di PTA Semarang mengharapkan wilayah koordinator Kedu bisa bersaing dan lebih unggul dari wilayah koordinator lainnya. “Dengan ZI ini kita pertaruhkan, ini ada akibat berantai sebagaimana disampaikan oleh Bpak Dirjen, bagi yang lalai “out” sedangkang bagi yang berprestasi disuruh milih mau mutasi kemana”, demikian Wakil Ketua PTA Semarang mengingatkan janji Dirjen Badilag yang pernah disampaikan dalam rakor secara teleconference 20 Februari 2020 lalu. Akhirnya sosialisasi pembangunan Zona Integritas dengan nara sumber Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H., Ketua PA Mungkid dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua PTA Semarang disertai yel-yel penyemangat “Kedu... YES, PTA Semarang ... YES, ZI... LUAR BIASA. (f&n)

"PEMBAHARUAN HUKUM ACARA PERDATA DI INDONESIA" DISKUSI HUKUM WARGA PERADILAN AGAMA SE JAWA TENGAH

on . Posted in Berita Kegiatan

 

 

Jumát, 17 Januari 2020 bertempat di Hotel Patra Semarang Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Yang Mulia Dr. H. Amran Suadi, SH., M.Hum, sebagai nara sumber diskusi hukum yang diadakan oleh Peradilan Agama se Jawa Tengah. Diskusi rutin yang diselenggarakan setiap empat bulan sekali ini telah diadakan kali ketiga. Diskusi pertama dilaksanakan di Hotel Horison Semarang dengan nara sumber  para Hakim Tinggi PTA. Semarang, diskusi kedua dilaksanakan bersamaan dengan Turnamwn PTWP PTA CUP yangd iadakan di Purwokerto dengan nara sumber Hakim Agung dan diskusi ketiga ini mengambil tema PEMBAHARUAN HUKUM ACARA PERDATA DI INDONESIA. Tema tersebut diambil dengan tujuan untuk meyamakan persepsi Hakim-hakim Peradilan Agama di Jawa Tengah tentang pelaksanakan hukum acara kaitannya dengan implentasi Perma Nomor 3 tahun 2018 tentang e-Court dan Perma Nomor 1 tahun 2019 tentang e-Litigasi.

 

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 tersebut nampak diikuti oleh kurang lebih 170 peserta yang berasal dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan Pengadilan Agama Se Jawa Tengah.  Dalam pembinaannya Yang Mulia Ketua Kamar menekankan bahwa hukum Acara tidak boleh ditafsir-tafsirkan, meskipun ada pembaharuan-pembaharuan itupun harus dilakukan melalui Perma dan Sema, tidak berdasarkan tafsir perorangan sehingga dapat menjadikan rusaknya hukum acara. Untuk itu penerapan e-Court dan e-Litigasi dalam hukum acara harus mengacu pada Perma Nomor 3 Tahun 2018 yang dilengkapi dengan Perma No 1 Tahun 2019, juklaknya KMA 129, juknisnya XII 2019. Karena PERMA diterbitkan mempunyai 3 fungsi : pertama, untuk mengisi kekosongan hukum acara; kedua, untuk penataan ulang hukum acara dan yang ketiga adalah untuk pembinaan dan pengawasan. Untuk itu Perma adalah merupakan hukum acara, apabila tidak daitur dalam Perma maka harus kembali kepada hukum asal.

 

Diskusi yang dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Drs. H. Iskandar Paputungan, SH, MH berjalan dengan sangat antusias. Diskusi dibagi menjadi dua termin dengan masing-masing empat penanya dari Pengadilan Agama yang berbeda agar kesempatan bertanya merata. Pada sessi pertama empat penanya masing-masing dari PA. Demak, PA. Semarang, PA. Rembang dan PA. Sragen. Untuk sessi kedua yang berkesempatan untuk menyampaikan pertanyaan adalah PA. Cilacap, PA. Pemalang, PA. Blora dan PA. Purwodadi. Walaupun masih banyak sekali peserta yang ingin bertanya, namun dengan berat moderator harus mengakhiri diskusi karena keterbatasan waktu dan diskusi gayeng ini ditutup pada pukul 11.30.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PTA AWARD 2019

on . Posted in Berita Kegiatan

 

                

Semarang, -- Jumát, 17 Januari 2020 Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengadakan acara Diskusi Teknis Yustisial yang ketiga dengan tema “PEMBAHARUAN HUKUM ACARA PERDATA DI INDONESIA”. Diskusi hukum yang bertempat di Hotel Patra Semarang diikuti oleh semua jajaran Hakim Tinggi, seluruh Ketua, Wakil Ketua, 1 Hakim dari masing-masing Pengadilan Agama juga diikuti oleh Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Jawa Tengah dengan nara sumber Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI Yang Mulia DR.H.Amran Suadi, SH, M.Hum.

 

Sebelum acara diskusi hukum terlebih dahulu dilaksanakan acara Pembukaan pra Diskusi dengan agenda pemberian award kepada Pengadilan Agama yang mengukir pretasi pada tahun 2019. Acara Pembukaan yang dimulai pada pukul 07.30 tersebut diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan Doá yang dipimpin oleh Drs. H. Muhyiddin, SH, MH. Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang DR.H.Bahruddin Muhammad, SH, MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara diskusi ini adalah sebagai ikhtiyar Peradilan Agama di Jawa Tengah untuk menyamakan persepsi pelaksanaan e-Court dan e-Litigasi. Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini Pengadilan Tinggi Agama Semarang mendapatkan dana dari Diklat Mahkamah Agung RI sebesar 2,2 milyard untuk pelaksanaan diklat secara mandiri. Untuk itu dalam kurun waktu 2020 akan diadakan diklat-diklat yang menjadi kebutuhan Peradilan Agama di Jawa Tengah.

Pada kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas keberhasilan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah menyelesaikan 100 % perkara yang ditangani pada tahun 2019, ini adalah sejarah karena baru kali ini PTA. Semarang mencapai prestasi tersebut. Terimakasih dan selamat juga disampaikan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang kepada jajaran Pengadilan Agama yang telah mengukir prestasi dalam pelaksanaan kinerjanya  pada tahun 2019, untuk itu pada kesempatan ini PTA. Semarang akan memberikan award kepada Pengadilan Agama yang telah mengukir prestasi selama 2019. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan akan mempromosikan Ketua Pengadilan Agama yang Pengadilan Agamanya meraih prestasi.  

 

Acara dilanjutkan dengan penyerahan award yang diserahkan oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI didampingi pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Adapun kinerja Majelis Hakim PTA. Semarang tercepat adalah :

 
  1. Majelis A, dengan Ketua Majelis DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH.
  2. Majelis C6, dengan Ketua Majelis DR. Mulyadi ZA, SH, M.Ag.
  3. Majelis C8, dengan Ketua Majelis Drs. H. Ali Rahmat.

Kinerja Pengadilan Agama dalam Penangaanan Perkara SIPP :

  1. Kategori 5000 keatas
  2. Slawi
  3. Pemalang
  4. Cilacap
  5. Kategori 2501 – 5000
  6. Pati
  7. Wonosobo
  8. Jepara
  9. Kategori 1001 – 2500
  10. Blora
  11. Temanggung
  12. Wonogiri

Kinerja Pengadilan Agama dalam Penyelesaian Perkara

  1. Kategori 5000 keatas
  2. Pemalang
  3. Slawi
  4. Brebes
  5. Kategori 2501 – 5000
  6. Purwodadi
  7. Batang
  8. Mungkid
  9. Kategori 1001 – 2500
  10. Ambarawa
  11. Surakarta
  12. Kajen

Kinerja Pengadilan Agama dalam Penangaanan E-Court

  1. Purbalingga
  2. Blora
  3. Purworejo

Kinerja Pengadilan Agama dalam Penanganan E-Litigasi (masing-masing PA menangani 5 perkara)

  1. Kendal
  2. Purwodadi
  3. Purbalingga
  4. Sragen

Kinerja Pengadilan Agama dalam Penyerapan Anggaran

  1. Wonosobo
  2. Kudus
  3. Salatiga

Dan pengiriman Laporan Tahunan Kegiatan yang pertama dikirim ke PTA. Semarang adalah PA. Rembang.

 

 

JADILAH PAHLAWAN MASA KINI

on . Posted in Berita Kegiatan

JADILAH PAHLAWAN MASA KINI

Semarang – Senin, 11 Nopember 2019 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH  memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2019 yang jatuh pada hari Ahad kemarin. Upacara yang dihadiri para Hakim Tinggi, pejabat struktrural, pejabat fungsional dan semua jajaran tenaga honorer dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dilaksanakan di halaman gedung PTA. Semarang Jl. Hanoman 18 Semarang.

Dalam upacara tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama selaku inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan pidato resmi Menteri Sosial Republik Indonesia. Peringatan hari Pahlawan tahun 2019 yang mengambil tema “AKU PAHLAWAN MASA KINI” adalah  untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia. Mari lakukan aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” kata Bahruddin Muhammad.

Menurutnya, menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa. Caranya dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional. Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” Demikian Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengakhiri amanatnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang juga menegaskan bahwa peringatan Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. (ns)

PERSETAN LO ADALAH MANFAAT APEL SENIN PAGI DAN JUM’AT SORE

on . Posted in Berita Kegiatan

PERSETAN LO ADALAH MANFAAT APEL SENIN PAGI DAN JUM’AT SORE

 

Semarang│04112019

“PERSETAN LO, akronim dari kepercayaan, kesetiaan, ketaatan dan loyalitas merupakan nilai-nilai yang diharapkan dapat dicapai melalui apel yang diselenggarakan setiap Senin pagi dan Jum’at sore”, demikian ungkap H. Sarwohadi, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam amanatnya sewaktu menjadi Pembina Upacara pada Senin, 4 November 2019, pagi tadi. Di hadapan para peserta upacara yang teridiri dari Para Pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua), para Hakim Tinggi, Para Pejabat Fungsional / Struktural, para Aparatus Sipil Negara dan para Honorer/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pada Kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang Sarwohadi mengungkapkan bahwa nilai-nilai tersebut sangat penting tertanam dalam setiap diri individu yang mengabdi pada negara.

 

Untuk menindaklanjuti amanat dalam Surat Edaran Dirjen Badilag Mahkamah Agung R.I. Nomor 0618/DJA/PS.00/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 Tentang Penegakan Disiplin di Lingkungan Peradilan Agama, Pengadilan Tinggi Agama Semarang setiap hari Senin pagi dan Jumat sore selalu melaksanakan apel dengan pembina upacara serta petugas apel bergiliran sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Ketua PTA Semarang. Yang ditetapkan sebagai Pembina Upacara adalah para Hakim Tinggi termasuk juga Ketua dan Wakil Ketua, untuk pembaca doa adalah para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional, untuk pembaca susunan acara adalah para ASN putri, sedangkan Pemimpin Upacara dilaksanakan oleh Honorer/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang bertugas sebagai Satuan Pengamanan (satpam).

 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa perlunya apel / upacara setiap Senin pagi dan Jumat sore adalah untuk:

  1. Menumbuhkan kepercayaan karyawan kepada Pimpinan
  2. Menumbuhkan kesetiaan karyawan kepada Pimpinan / Instansi
  3. Menumbuhkan ketaatan karyawan kepada Pimpinan, dan
  4. Menumbuhkan loyalitas yang total dari karyawan terhadap Pimpinan dan instansi.

“Singkatnya untuk meningkatkan kedisiplinan sebagai Aparatur Sipil Negara,” demikian pungkas Sarwohadi dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara Senin Pagi Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang pagi tadi. (f&n).

 

 

 

 

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 91 Tahun 2019

on . Posted in Berita Kegiatan

" TEMA BERSATU KITA MAJU SESUNGGUHNYA DIPERUNTUKKAN UNTUK SELURUH ELEMEN BANGSA, TETAPI BAGI PEMUDA MENJADI KEHARUSAN "

Semarang│28102019

 

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju”, demikian penekanan Menteri Pemuda Dan Olahraga R.I. dalam pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 yang dibacakan Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang di depan seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang..

Hari Senin, 28 Oktober 2019, para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Struktural dan Fungsional, para Aparatur Sipil Negara dan para Honorer/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pada Kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 di halaman kantor Jl. Hanoman 18 Semarang. Di bawah hangatnya sinar matahari pagi disertai semilir angin membuat upacara menjadi tidak terasa melelahkan sehingga para peserta dengan khidmat melaksanakan upacara tersebut.

Lebih lanjut Menpora R.I. dalam pidatonya menyatakan bahwa dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi informasi pemuda Indonesia harus dapat membendung informasi-informasi yang bersifat destruktif (pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme dan terorisme) dengan menggunakan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. Maka dibutuhkan Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, yaitu pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

 

Dalam rangkaian acara upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 ini juga dilakukan pembacaan teks Pancasila, teks Pembukaan UUD 1945 dan teks Keputusan Konggres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang didalamnya terdapat keputusan konggres yang dikenal dengan teks Sumpah Pemuda. Untuk lebih meningkatkan semangat persatuan juga diperdengarkan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” yang diciptakan oleh Liberty Manik seorang komponis kelahiran Sidikalang, Sumatera Utara tahun 1924, dan lagu “Bangun Pemudi Pemuda” yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak seorang maestro kelahiran Tapanuli tahun 1920.

Akhirnya upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 Pengadilan Tinggi Agama Semarang ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh salah seorang Hakim Tinggi, yaitu: Drs. Kasyful Anwar, S.H., M.H.. (f&n)

 



Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com

Tautan Aplikasi