ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpInan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan.

TIM ASESSMENT DITJEN BADILAG LAKUKAN AUDIT ASESSMENT SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU (APM) DI PENGADILAN TINGGI AGAMA SEMARANG

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang│17102019

 

Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I. Nomor 4733/DJA/OT.01.3/X/2019 tanggal 9 Oktober 2019 perihal Pelaksanaan Asessmen Surveilance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II tahun 2019 Tim Asessmen Ditjen Badilag telah melakukan asessment surveilance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Tinggi Agama Semarang (sebelumnya telah terakreditasi A (excellent)) pada Rabu 17 Oktober 2019. Pada kurun waktu yang hampir bersamaan juga telah dilaksanakan hal yang sama terhadap 20 Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Semarang yang sebagian besar (18 Pengadian Agama) telah terakreditasi A (excellent) dan 2 Pengadilan Agama terakreditasi B.

 

Drs. H. Nasichin A. Manan, S.H.,M.H. Hakim Tinggi selaku Ketua Tim APM Pengadilan Tinggi Agama Semarang mempresentasikan “Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Tinggi Agama Semarang” di hadapan Tim Asessment Ditjen Badilag (Bambang Subroto, S.H., M.H. (Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana (Ortala) Sekretariat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) dan Fathkul Ma’arif), Drs. H. Iskandar Paputungan, S.H. (Wakil Ketua PTA Semarang, para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta para Staf PTA Semarang.

 

Sementara itu Bp. Bambang Subroto, S.H., M.H. menyatakan bahwa maksud diadakannya Asessmen Surveilance ini adalah untuk memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu yang dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kepada para pencari keadilan. Juga diuraikan bagaimana perubahan SAPM menjadi APM dan hubungannya dengan Zona Integritas. Dimana dalam SAPM menekankan pada standarisasi tugas pokok sehari-hari sementara dalam APM lebih kepada siapa mengerjakan apa.

 

Pada akhir pertemuan tersebut, Wakil Ketua PTA Semarang menyampaikan bahwa Bapak Ketua PTA Semarang berkirim salam kepada Tim Asessment Ditjen Badilag disertai permohonan maaf tidak dapat menghadiri pertemuan karena ada tugas sebagai Nara Sumber Diklat Hakim di Bogor, Juga ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Asessment Ditjen Badilag atas kunjungan, arahan dan masukan berharga bagi Pengadilan Tinggi Agama Semarang yang sedang mempertahankan nilai akreditasi A (excellent) yang telah diperoleh. "Mempertahankan paling sulit dibanding mencapainya”, demikian diungkapkan Drs. H. Iskandar Paputungan, S.H. Wakil Ketua PTA Semarang. Lebih lanjut dikemukakan bahwa Akreditasi Penjaminan Mutu dan Zona Integritas muaranya adalah pelayanan yang prima kepada para pencari keadilan yang bebas korupsi kolusi dan nepotime, tanpa ada pungutan-pungutan lagi.

Penerapan Pengendalian Intern Atas Pelaporan Keuangan (PIPK)

on . Posted in Pengumuman

Yth. Sekretaris Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

  di - tempat

 

              Assalamu’alaikum Wr. Wb. ,                                                    

            Menunjuk Surat Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Adminisrasi Mahkamah Agung RI          Nomor : 435/BUA.4/PL.07/09/2019 tanggal  30 September 2019 perihal sebagaimana pada pokok surat.(surat) (Lampiran)

Undangan Rapat Koordinasi

on . Posted in Pengumuman

Yang terhormat :

1. Pembina PTWP Daerah PTA Jawa Tengah;

2. Penasehat PTWP Daerah PTA Jawa Tengah;

3. Pengurus PTWP Daerah PTA Jawa Tengah Periode 2019 - 2022;

4. Ketua Koordinator Wilayah Pengadilan Agama Se Jawa Tengah;

5. Panitia Pengarah dan Panitia Pelaksana Turnamen Tenis PTA Jateng CUP VIII Tahun 2019;

di

   Tempat

                   Asalamualaikum Wr.Wb.

                   Mengharap dengan hormat atas kehadiran Bapak/Ibu/Saudara pada :

        Hari, tanggal    : Jumat, 4 Oktober 2019

        Waktu             : Pukul 09.00 WIB s.d Selesai

       Tempat             : Aula Pengadilan Tinggi Agama Semarang

          [ DOWNLOAD SURAT ]

 

 

 

MENINGKATKAN PROFESIONALITAS HAKIM MENUJU PERADILAN YANG LEBIH BERKUALITAS

on . Posted in Berita Kegiatan

Senin, 2 September 2019 bertempat di Hotel Grasia Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Yang Mulia Dr. H. Amran Suadi, SH., M.Hum , memberikan pembinaan kepada Hakim Tinggi, Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 tersebut nampak antusias diikuti oleh peserta.  Pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH menyampaikan terimakasih kepada Bapak Dr. H. Amran Suadi, SH, M.Hum yang telah berkenan hadir di Jawa Tengah untuk memberikan pembinaan kepada warga Peradilan Agama Jawa Tengah. Untuk itu kepada semua hakim yang hadir pada acara ini dapat memanfaatkan kesempatan yang sangat berharga ini dengan sebaik-baiknya. Demikian Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengakhiri sambutannya.

Ketua Kamar Agama dalam sambutannya menyampaikan pentingnya profesionalitas Hakim dalam meutus perkata. Dan pada pembinaan ini materi yang disampaikan adalah seputar permasalahan yustisial dilingkungan Peradilan Agama diantaranya adalah penyesaian sengketa ekonomi syariáh, dan perkara-perkara lain yang menjadi perhatian Bapak Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI. Materi diberikan dengan sangat jelas dan diikuti dengan antusias oleh semua peserta. Pada sessi terakhir dilanjutkan dengan sessi tanya jawab.

Rapat Konsolidasi dan Evaluasi Pengadaan Internet Service Provider Peradilan Agama Se-Jawa Tengah

on . Posted in Pengumuman

Yth. Sekretaris Pengadilan Agama

Se - Jawa Tengah

 

            Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Dalam rangka konsolidasi dan evaluasi pengadaan internet service provider pelaksanaan SP-SABA berupa peningkatan Bandwidth untuk mendukung pelaksanaan e-Court, maka kami minta kepada Saudara untuk menugaskan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada :

Hari/Tanggal : Selasa / 10 September 2019
Waktu : Pukul 09.00 WIB s/d 15.00 WIB
Tempat

: Hotel GETS Semarang

  Jl. MT. Haryono No. 312-316 Saritejo

Pakaian : PDH
Keterangan

: 1. Membawa fotokopi SPM, SP2D, SSP (asli)

  2. Dokumen Pengadaan yang perlu ditandatangani.

Adapun biaya perjalanan dinas dibebankan DIPA Tahun 2019 masing-masing satker.

Demikian, atas perhatian dan kehadirannya, kami mengucapkan terima kasih.

 

 Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

TTD

 Sekretaris

 

[Download Surat]

KHES SEBAGAI PEDOMAN PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIÁH

on . Posted in Berita Kegiatan

Kamis, 22 Agustus 2019 IAIN Kudus menyelenggarakan Seminar Nasional Peningkatan Kompetensi dengan tema “Kompilasi Hukum Ekonomi Syariáh sebagai Pedoman Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariáh”. Acara yang diinisiasi oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Kudus bertempat di aula komplek IAIN Kudus. Sebagai salah satu pembicara acara tersebut adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang DR.H.Bahruddin Muhammad, SH, MH. Seminar yang dihadiri oleh civitas akademika IAIN Kudus diantaranya adalah Para Dosen Fakultas Syariáh, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariáh, juga dihadiri oleh Rektor IAIN Kudus DR. Mundakir, M.Ag.

Usai acara seminar dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara IAIN Kudus dengan Pengadilan Tinggi Agama Semarang tentang Kerjasama Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penandatanganan MoU yang dilakasanakan oleh Rektor IAIN Kudus dan Ketua PTA Semarang tersebut juga disaksikan oleh Dekan Fakultas Syariah IAIN Kudus serta Ketua PA. Purwodadi dan Ketua PA. Kudus dan juga oleh semua peserta seminar.

PELANTIKAN ANGGOTA DPRD JAWA TENGAH MASA BHAKTI 2019-2024

on . Posted in Berita Kegiatan

SEMARANG – Selasa, 3 September 2019 bertempat di Gedung Berlian Provinsi Jawa Tengah 120 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD) Jawa Tengah terpilih periode 2019-2024 dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024. Acara yang  dan dihadiri oleh 500 tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat tersebut juga dihadiri oleh pejabat tingkat Provinsi Jawa Tengah, diantara yang hadir adalah Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang DR.H.Bahruddin Muhammad, SH, MH.

Pelantikan dan Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Jateng hasil Pemilu Legislatif 2019 dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah DR.Hj.Sri Sutatik, SH, MH didampingi para pemuka agama. Setelah pengucapan sumpah/janji dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan. Acara pelantikan anggota Dewan dilanjutkan dengan sambutan gubernur Jawa Tengah membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri dan sambutan Pimpinan Sementara Anggota Dewan yang dipilih dari perwakilan partai terbanyak.

Petunjuk Teknis Pengajuan Remunerasi Bulan September 2019

on . Posted in Pengumuman

Yth. Sekretaris Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb. ,                                                                      

Bersama ini kami sampaikan petunjuk teknis pengajuan tunjangan khusus kinerja (Remunerasi), untuk bulan September 2019 sebagai berikut Surat (unduh)

HUT MARI KE-74 PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MELAYANI

on . Posted in Berita Kegiatan

Semarang_, Hari ulang tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 jatuh pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2019. Pada hari tersebut 4 lingkungan peradilan se Karesidenan Semarang yang terdiri dari PT Jawa Tengah, PTA Jawa Tengah, 4 lingkungan peradilan di Kota Semarang serta PN dan PA Kendal, Demak, Kab Semarang, Salatiga melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung ke-74 di halaman Kantor Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Jl. Pahlawan Semarang. Upacara diawali pada pukul 07.30 yang sebelumnya diawali dengan menggemakan yel-yel kecintaan kita pada dunia peradilan.

Upacara dipimpin oleh Pembina Upacara yaitu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah berjalan dengan penuh semangat dan khidmat dengan diawali prosesi mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan Visi dan Misi Mahkamah Agung, Pembacaan Amanat Pembina Upacara di akhiri dengan do’a.

Dalam amanatnya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung RI Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa “Hari jadi Mahkamah Agung merupakan agenda tahunan yang tidak sekedar  sebagai sebuah peringatan seremonila namun merupakan momentum untuk kembali merefleksikan lembaga Mahkamah Agung dalam tatanan kenegaraan serta kontribusi lembaga peradilan dalam perkkembanagan amsyarakat dan negara”.

Untuk itu peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-74 ini mengambil tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Malayani”. Tema ini merefleksikan bahwa paradigma pelayanan publik peradilan yang dilakukan oleh seluruh warga peradilan adalah pelayanan berbasis teknologi informasi.

Setelah prosesi upacara dilanjutkan dengan resepsi HUT dengan acara pemotongan kue ulang tahun oleh Wakil Ketua PT Jawa Tengah, Wakil Ketua PTA. Jawa Tengah, Perwakilan dari PTUN Semarang dan Mahkamah Militer Semarang. Acara resepsi diikuti oleh peserta upacara kurang lebih 250 orang yang berkumpul di ruang sidang utama PT. Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan live streming Peringatan HUT MA RI di gedung Mahkamah Agung Jl. Medan Merdeka Jakarta.

Semarakkan HUT RI Ke-74 dan HUT MARI Ke-74 dengan Jalan Sehat dan Pembagian Doorprize

on . Posted in Berita Kegiatan

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2019 dan HUT ke-74 Mahkamah Agung RI, Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengadakan beberapa kegiatan.

Kegiatan diawali dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh jajaran Pimpinan, Hakim, Pegawai dan Tenaga Honorer beserta keluarga pada Jumat pagi tanggal 16 Agustus 2016 di halaman Kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang dilanjutkan jalan sehat dengan start Kantor Pengadilan Tinggi Agama Jl. Hanoman 18 Semarang mengelilingi Perum Graha Padma dan kembali lagi ke Kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam sambutannya menyampaikan bahwa memperingati HUT RI, kita perlu menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia yang mampu tegak berdiri di atas Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan berbagai keragaman dalam mewujudkan semboyan Bhineka Tunggal lka yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Untuk itu  rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI dan HUT Mahkamah Agung RI yaitu senam bersama dan jalan sehat dapat menjadikan keluarga Pengadilan Tinggi Agama selalu dapat menerapkan hidup sehat. Sehat merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita, dengan kondisi tubuh yang sehat kita bisa melakukan aktifitas apa saja dan bisa menghasilkan apa saja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jalan sehat ini manfaatnya banyak sekali, diantaranya menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan kebugaran, menghindarkan diri dari serangan penyakit, meringankan beban pikiran dari berbagai kepenataan atau pekerjaan.

Kegiatan jalan sehat tahun ini, panitia menyediakan hadiah utama 2 buah sepeda gunung dan berbagai doorprize sponsor dari BRI, BRI Syaria’ah berupa tabungan haji, Hotel Grasia, Hotel Candi Indah, Korpri PTA. Semarang. Adapun yang menadapat hadiah utama 2 buah sepeda gunung adalah, Muhammad Saiful  dan Drs. H. Taufik, SH, MH.



Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com

Tautan Aplikasi