Ketua Mahkamah Agung RI

Selamat Kepada Yang Mulia Dr. H Muhammad Syarifuddin SH MH Sebagai Ketua Mahkamah Agung RI Terpilih Periode 2020-2025
<h2> Ketua Mahkamah Agung RI</h2>

ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpInan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un. Telah Berpulang ke Rahmatullah Bapak Ahsin Abdul Hamid, S.H., KPTA Nusa Tenggara Timur Kupang pada Hari Jumat Tanggal 28 Pebruari 2020. Semoga Almarhum khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, aamiin.

Petunjuk Biaya Transportasi Hakim Masa Pencegahan Penyebaran COVID-19

on . Posted in Pengumuman

Kepada

Yth. Ketua Pengadilan Agama Se Jawa Tengah

Assalamu'alaikum wr.wb.

Dengan ini kami sampaikan dengan hormat surat dari MA-RI Nomor : 530/SEK.KU.01/IV/2020 tanggal 3 April 2020, perihal "Petunjuk Biaya Transportasi Hakim Masa Pencegahan Penyebaran COVID-19".

Demikian, terima kasih

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Untuk mendownload surat klik link di bawah,

https://drive.google.com/open?id=1iBQwHB6PRi8HIwtSv4uLQZ21fEvFV4oT

Kegiatan Rekonsiliasi Tingkat Wilayah Semester II 2019

on . Posted in Pengumuman

Yang terhormat :

  1. Sekretaris Pengadilan Tinggi Jawa Tengah
  2. Sekretaris Pengadilan Negeri se Jawa Tengah
  3. Sekretaris Pengadilan Agama se Jawa Tengah
  4. Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang
  5. Sekretaris Pengadilan Militer II-10 Semarang

di

T E M P A T

 

Assalamu ’alaikum Wr. Wb.

 

Sehubungan dengan telah berakhirnya periode pelaksanaan anggaran tahun 2019, maka selaku Koordinator Wilayah kami minta kepada Saudara untuk mengirimkan 1 (satu) orang Operator SAIBA dan 1 (satu) orang Operator SIMAK-BMN untuk mengikuti Kegiatan Rekonsiliasi Tingkat Wilayah dan Persiapan atas Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dalam Rangka Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Tahunan Tahun  Anggaran 2019 pada Satuan Kerja di Lingkungan Mahkamah Agung RI Koordinator Wilayah Jawa Tengah pada :

 

Hari / Tanggal              : Senin s.d. Kamis / 13 s.d. 16 Januari 2020

Pukul                           : 08.00 WIB s/d Selesai

Tempat                        : Hotel Candi Indah Convention

Jl. Dr. Wahidin No. 112, Candisari Semarang

Syarat dan ketentuan  : Terlampir

Jadwal Kegiatan          : Terlampir

Keterangan                 : Konsumsi ditanggung DIPA Pengadilan Tinggi Agama Semarang, adapun   transport dan uang saku perjalanan dinas ditanggung DIPA masing – masing Satker.

 

Demikian kami sampaikan, atas kerjasama yang baik diucapkan terima kasih.

 

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.,

Sekretaris

Abdul Mutalip, S.Ag., S.H.

 

 

[Download Surat]

[Download Lampiran]

Monitoring Dan Evaluasi Serta Asistensi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2019

on . Posted in Berita Kegiatan

" TAK MUDAH OPINI WTP ITU DAPAT DIRAIH BEGITU SAJA, .."

 

(Dokumentasi)

Abdul Mutalip (Sekretaris PTA.Semarang) Drs.H.Iskandar Paputungan,SH.MH (Waka PTA.Semarang),Tim Biro Keu MARI, dan Hj. Laila Istiadah,S.Ag (selaku Kabag Umum dan Keu PTA.Semarang ) 

________________

pta-semarang.go.id

Selasa 26 November 2019 menempati HCI Convention Semarang dengan memenuhi surat dari Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Adminisrasi Mahkamah Agung RI, Pengadilan Tinggi Agama Semarang selaku Korwil menghadirkan para admin SIMAK-BMN dan SAIBA di 4 (empat) lingkungan peradilan di Jawa Tengah dalam rangka mengikuti kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Serta Asistensi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Tahun 2019. setelah peserta  menempati ruangan, dengan sikap tegap dan semangat para pejuang pejuang ini melantunkan lagu kebangsaan indonesia raya dan hymne Mahkamah Agung RI. Lanjut acara secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang (Drs. H. Iskandar Paputungan,SH.MH. tepat pukul 08.30 WIB bersama Tim Biro Keuangan Mahkamah Agung RI yanga akan memberikan pengarahan serta mengevaluasi.

(Dokumentasi : Peserta dan Tim Mahkamah Agung RI Nugroho dan Komaeni CS)

Kegiatan ini dilaksanakan karena dibebankan pada DIPA masing – masing Satker, dan penyelenggara selaku Korwil hanya menyediakan konsumsi dan tempat selama kegiatan acara berlangsung. Pembukaan Hari pertama sejumlah 22 satker dan selanjutnya Hari Kedua (Rabu, 27/11/2019 sejumlah 26 satker dan hari terakhir Penutupan Kamis, 28/11/2019 sejumlah 27 satker di 4 lingkungan peradilan se Jawa Tengah.

disampaikan oleh Waka PTA.Semarang saat membuka acara kegiatan bahwa melalui Biro Keuangan Mahkamah Agung RI Opini WTP yang berturut-turut  ke-tujuh kali ini  dengan predikat tetap bisa dipertahankan dan tindak Lanjut Terhadap Catatan Hasil Reviu (CHR) Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung Semester I Tahun 2019, "Merupakan perjuangan yang sangat berat, tak mudah Opini WTP itu dapat diraih begitu saja   sebagaimana yang telah dimanatkan dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Penyusunan Pelaporan Keuangan, dalam hal ini agar peserta dapat menyusun Laporan Keuangan dengan tepat waktu, akurat, handal  berkualitas dan semoga terwujudnya misi dan visi kita yaitu Terwujudnya Peradilan yang Agung.

Perlu disampaikan bahwa tujuan diadakan kegiatan semacam ini adalah untuk dapat memonitor sekaligus mengevaluasi satuan kerja di bidang akuntansi dan Pelaporan Keuangan tahun 2019, serta dengan arahan  tim dari Mahkamah Agung RI semoga   berjalan lancar sampai menjelang hari terakhir penutupan, dan diharapkan pada akhir tahun nanti Laporan Keuangan di tingkat satker dapat dipertanggung jawabkan dan akuntabel. demikian pinta Iskandar waka pta.semarang.

 

 

 

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Serta Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung RI Tahun 2019

on . Posted in Pengumuman

Nomor  :  W11-A/4097/KU.00/XI/2019                                                     Semarang, 15 November 2019

Lamp.   :  1 (satu) bendel

Perihal  :  Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Serta

              Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan

              Mahkamah Agung RI Tahun 2019

 

Kepada Yth.

  1. Sekretaris Pengadilan Tinggi Jawa Tengah;
  2. Sekretaris Pengadilan Negeri Se Jawa Tengah;
  3. Sekretaris Pengadilan Agama Se Jawa Tengah;
  4. Sekretaris Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang;
  5. Sekretaris Pengadilan Militer II-10 Semarang;

 

di tempat

   

Assalamu’alaikum Wr. Wb. ,                                                    

         Menindaklanjuti Surat Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Adminisrasi Mahkamah Agung RI Nomor : B-791/Bua.3/KU.00/09/2019 tanggal 10 September 2019 perihal sebagaimana pada pokok surat, bersama ini kami sampaikan bahwa Pengadilan Tinggi Agama Semarang selaku Koordinator Wilayah akan melaksanakan Kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Serta Asistensi Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Dalam Rangka Mempertahankan Opini WTP Dan tindak Lanjut Terhadap Catatan Hasil Reviu (CHR) Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung Semester I Tahun 2019, maka kami mohon dengan hormat agar Saudara menugaskan 1 (satu) orang Operator SAIBA dan 1 (satu) orang Operator SIMAK-BMN untuk mengikuti kegiatan pada :

Hari/Tanggal        :  Selasa s.d  Kamis / 26 s.d 28 November 2019.

Pukul                  :  08.30 WIB s.d Selesai

Tempat               :  HCI Convention (Hotel Candi Indah) Semarang

                             Jl. Dr. Wahidin No.112 Semarang

Jadwal kegiatan dan persyaratan yang harus dibawa oleh peserta sebagaimana terlampir, untuk biaya transportasi dan uang harian peserta dibebankan pada DIPA masing – masing Satker, penyelenggara hanya menyediakan konsumsi dan tempat selama kegiatan acara berlangsung.

    [ DOWNLOAD SURAT DISINI ]

PEMBINAAN KPTA. SEMARANG DI PA. BREBES “9 APLIKASI PERADILAN AGAMA SEBUAH KENISCAYAAN”

on . Posted in Berita Kegiatan

Brebes---, Kamis, 07 Nopember 2019 setelah sholat ashar berjamaah seluruh pegawai Pengadilan Agama Brebes berkumpul di Aula.  Lewat pengeras suara diumumkan bahwa Pembinaan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang akan dilakukan pada jam 15.30. Acara yang dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Brebes Drs. H. Abd. Basyir, M.Ag sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, dalam sambutannya Ketua PA. Brebes atas nama semua jajaran Pengadilan Agama Brebes menyampaikan terimakasih dan juga mohon kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama memberikan sambutan dan oleh-oleh informasi setelah acara IKAHI di Bandung.

 

Pada kesempatan tersebut DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH memberikan pembinaan kepada seluruh jajaran Pengadilan Agama Brebes mulai dari unsur hakim sampai dengan tenaga honor menyimak dengan antusias informasi-informasi yang disampaikannya. Dalam pembinaannya KPTA menyampaikan hasil Munas IKAHI di Banding, ada beberapa pesan Dari Ketua Kamar Agama yang harus dipedomani oleh para hakim. Walaupun Mahkamah Agung menghimbau percepatan penyelesaian perkara, namun hukum acara jangan pernah dilanggar dan hakim sebagai wakil Tuhan harus menjaga identitas dan etika sebagai hakim. KPTA juga mengingatkan tentang surat bernomor 3396/DjA/OT.02.1/VII/2019 perihal Uji Coba 9 (Sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama, Dirjen Badilag peluncuran 9 aplikasi layanan terdiri dari 5 (lima) layanan langsung untuk masyarakat pencari keadilan yaitu Notifikasi Perkara, Informasi Produk Pengadilan, Antrean Sidang, Basis Data Terpadu Kemiskinan, Command Center; dan 4 (empat) layanan yaitu : PNBP Fungsional, E-Eksaminasi, E-Register dan E-Keuangan diperuntukan bagi intern Pengadilan Agama. Kesembilan aplikasi ini telah di launching tanggal 18 September 2019.

 

Maka Pengadilan Agama Brebes harus memberikan respon yang baik atas peluncuran aplikasi tersebut dengan menindaklanjuti dengan menginventarisir kebutuhan dalam pengoperasian ke 9 aplikasi tersebut. KPTA juga menyampaikan bahwa “9 Aplikasi Peradilan adalah sebuah keniscayaan bagi seluruh warga peradilan agama, saat ini suka tidak suka mau tidak mau warga peradilan terutamanya hakim harus mampu menggunakan dan menerapkan ke 9 aplikasi tersebut, artinya seluruh hakim dan seluruh pejabat kepaniteraan bahkan seluruh pegawai pada Pengadilan Agama harus ramah terhadap teknologi dan 9 aplikasi dimaksud” Demikian KPTA mengakhiri pembinaannya.

 

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Agama Brebes juga menyampaikan bahwa PA. Brebes dan PA. Cilacap akan mendapatkan hibah pembangunan ruang tunggu sidang senilai 25 juta rupiah dari BRI Syari’ah. Untuk menindaklanjuti hibah tersebut, pada tanggal 13 Nopember 2019 Pimpinan Pusat BRI Syariáh akan menyerahkan secara simbolis hibah tersebut kepada KPTA. Semarang di Semarang. (ns)

Pelaksanaan Sampling / Uji Petik Penilaian PIPK

on . Posted in Pengumuman

Nomor     :  W11-A/4052/KU.01/XI/2019.                                                                  11  November 2019   

Lampiran : 1(satu) bundel                                                                                                                                              

Perihal     : Pelaksanaan Sampling / Uji Petik Penilaian PIPK

 

Yth.

  1. Sekretaris Pengadilan Tinggi Jawa Tengah;
  2. Sekretaris Pengadilan Negeri Semarang;
  3. Sekretaris Pengadilan Negeri Kendal;
  4. Sekretaris Pengadilan Negeri Ungaran;
  5. Sekretaris Pengadilan Negeri Magelang;
  6. Sekretaris Pengadilan Negeri Salatiga;
  7. Sekretaris Pengadilan Agama Semarang;
  8. Sekretaris Pengadilan Agama Kendal;
  9. Sekretaris Pengadilan Agama Ambarawa;
  10. Sekretaris Pengadilan Agama Mungkid;
  11. Sekretaris Pengadilan Agama Salatiga.

 

di -  Tempat

      

Assalaamu ’alaikum Wr. Wb.

Menindaklanjuti Surat Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 490/BUA.4/PL.07/11/2019 tanggal 04 November 2019 perihal sebagaimana pada pokok surat, dengan ini kami informasikan bahwa TIM Penilai PIPK Mahkamah Agung akan melaksanakan penilaian secara sampling atas penerapan PIPK sesuai jadwal terlampir.

Terkait hal tersebut, diharapkan satuan kerja yang menjadi sampling untuk mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. SK Tim Penerapan PIPK.
  2. Kertas Kerja PIPK Tabel A yang telah diisi untuk 7 akun signifikan yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor : 435/BUA.4/PL.07/09/2019 tanggal 30 September 2019 perihal Penerapan Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan.
  3. Data dukung dan dokumen sumber sesuai dengan masing-masing pada 7 akun signifikan yang dilakukan penerapan PIPK.
  4. Pejabat dan pegawai yang menjadi Tim Penerapan PIPK untuk hadir pada saat dilakukan Penilaian Penerapan PIPK.

[ DOWNLOAD SURAT DISINI ]

 



Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com

Tautan Aplikasi