ZONA INTEGRITAS

Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpInan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
ZONA INTEGRITAS

e-Court

e-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, pembayaran secara online, mengirim dokumen persidangan (jawaban, replik, duplik dan kesimpulan) dan pemanggilan secara online.
e-Court

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

STOP GRATIFIKASI

Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Semarang pada hari dan Jam Kerja
STOP GRATIFIKASI

WHISTLEBLOWING

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
WHISTLEBLOWING

POSBAKUM

Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh Pemberi Bantuan Hukum secara Cuma-Cuma kepada Penerima Bantuan Hukum. Penerima Bantuan Hukum adalah orang atau kelompok orang miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri yang menghadapi masalah hukum
POSBAKUM
Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Tinggi Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan.

JADILAH PAHLAWAN MASA KINI

on . Posted in Berita Kegiatan

JADILAH PAHLAWAN MASA KINI

Semarang – Senin, 11 Nopember 2019 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang DR. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH  memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2019 yang jatuh pada hari Ahad kemarin. Upacara yang dihadiri para Hakim Tinggi, pejabat struktrural, pejabat fungsional dan semua jajaran tenaga honorer dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dilaksanakan di halaman gedung PTA. Semarang Jl. Hanoman 18 Semarang.

Dalam upacara tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Agama selaku inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan pidato resmi Menteri Sosial Republik Indonesia. Peringatan hari Pahlawan tahun 2019 yang mengambil tema “AKU PAHLAWAN MASA KINI” adalah  untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia. Mari lakukan aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” kata Bahruddin Muhammad.

Menurutnya, menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa. Caranya dengan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional. Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

“Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju,” Demikian Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengakhiri amanatnya.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang juga menegaskan bahwa peringatan Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. (ns)

PERSETAN LO ADALAH MANFAAT APEL SENIN PAGI DAN JUM’AT SORE

on . Posted in Berita Kegiatan

PERSETAN LO ADALAH MANFAAT APEL SENIN PAGI DAN JUM’AT SORE

 

Semarang│04112019

“PERSETAN LO, akronim dari kepercayaan, kesetiaan, ketaatan dan loyalitas merupakan nilai-nilai yang diharapkan dapat dicapai melalui apel yang diselenggarakan setiap Senin pagi dan Jum’at sore”, demikian ungkap H. Sarwohadi, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam amanatnya sewaktu menjadi Pembina Upacara pada Senin, 4 November 2019, pagi tadi. Di hadapan para peserta upacara yang teridiri dari Para Pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua), para Hakim Tinggi, Para Pejabat Fungsional / Struktural, para Aparatus Sipil Negara dan para Honorer/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pada Kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang Sarwohadi mengungkapkan bahwa nilai-nilai tersebut sangat penting tertanam dalam setiap diri individu yang mengabdi pada negara.

 

Untuk menindaklanjuti amanat dalam Surat Edaran Dirjen Badilag Mahkamah Agung R.I. Nomor 0618/DJA/PS.00/II/2019 tanggal 20 Februari 2019 Tentang Penegakan Disiplin di Lingkungan Peradilan Agama, Pengadilan Tinggi Agama Semarang setiap hari Senin pagi dan Jumat sore selalu melaksanakan apel dengan pembina upacara serta petugas apel bergiliran sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Ketua PTA Semarang. Yang ditetapkan sebagai Pembina Upacara adalah para Hakim Tinggi termasuk juga Ketua dan Wakil Ketua, untuk pembaca doa adalah para Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional, untuk pembaca susunan acara adalah para ASN putri, sedangkan Pemimpin Upacara dilaksanakan oleh Honorer/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang bertugas sebagai Satuan Pengamanan (satpam).

 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa perlunya apel / upacara setiap Senin pagi dan Jumat sore adalah untuk:

  1. Menumbuhkan kepercayaan karyawan kepada Pimpinan
  2. Menumbuhkan kesetiaan karyawan kepada Pimpinan / Instansi
  3. Menumbuhkan ketaatan karyawan kepada Pimpinan, dan
  4. Menumbuhkan loyalitas yang total dari karyawan terhadap Pimpinan dan instansi.

“Singkatnya untuk meningkatkan kedisiplinan sebagai Aparatur Sipil Negara,” demikian pungkas Sarwohadi dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara Senin Pagi Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang pagi tadi. (f&n).

 

 

 

 

Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke 91 Tahun 2019

on . Posted in Berita Kegiatan

" TEMA BERSATU KITA MAJU SESUNGGUHNYA DIPERUNTUKKAN UNTUK SELURUH ELEMEN BANGSA, TETAPI BAGI PEMUDA MENJADI KEHARUSAN "

Semarang│28102019

 

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju”, demikian penekanan Menteri Pemuda Dan Olahraga R.I. dalam pidato Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 yang dibacakan Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang di depan seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Agama Semarang..

Hari Senin, 28 Oktober 2019, para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, para Pejabat Struktural dan Fungsional, para Aparatur Sipil Negara dan para Honorer/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja pada Kantor Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 di halaman kantor Jl. Hanoman 18 Semarang. Di bawah hangatnya sinar matahari pagi disertai semilir angin membuat upacara menjadi tidak terasa melelahkan sehingga para peserta dengan khidmat melaksanakan upacara tersebut.

Lebih lanjut Menpora R.I. dalam pidatonya menyatakan bahwa dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi informasi pemuda Indonesia harus dapat membendung informasi-informasi yang bersifat destruktif (pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme dan terorisme) dengan menggunakan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. Maka dibutuhkan Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh, yaitu pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

 

Dalam rangkaian acara upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 ini juga dilakukan pembacaan teks Pancasila, teks Pembukaan UUD 1945 dan teks Keputusan Konggres Pemuda Indonesia Tahun 1928 yang didalamnya terdapat keputusan konggres yang dikenal dengan teks Sumpah Pemuda. Untuk lebih meningkatkan semangat persatuan juga diperdengarkan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” yang diciptakan oleh Liberty Manik seorang komponis kelahiran Sidikalang, Sumatera Utara tahun 1924, dan lagu “Bangun Pemudi Pemuda” yang diciptakan oleh Alfred Simanjuntak seorang maestro kelahiran Tapanuli tahun 1920.

Akhirnya upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 Pengadilan Tinggi Agama Semarang ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh salah seorang Hakim Tinggi, yaitu: Drs. Kasyful Anwar, S.H., M.H.. (f&n)

 

PELATIHAN TEKNIS FUNGSIONAL PENYETARAAN SERTIFIKASI HAKIM EKONOMI SYARI’AH

on . Posted in Berita Kegiatan

PELATIHAN TEKNIS FUNGSIONAL

PENYETARAAN SERTIFIKASI HAKIM EKONOMI SYARI’AH

LINGKUNGAN PERADILAN AGAMA WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI AGAMA JAWA BARAT, JAWA TENGAH, YOGYAKARTA DAN JAWA TIMUR

SEMARANG, 20 S/D 25 OKTOBER 2019

 

Semarang│21102019

Sebanyak 40 orang Hakim Peradilan Agama dari wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Semarang (21 orang), PTA Bandung (1 orang), PTA Yogyakarta (2 orang), dan PTA Surabaya (16 orang) mengikuti Pelatihan Teknis Fungsional Penyetaraan Sertifikasi Hakim Ekonomi Syari’ah dari tanggal 20 sampai dengan 25 Oktober 2019. Pelatihan teknis fungsional Hakim Ekonomi Syariah yang menghadirkan nara sumber para Hakim Agung dan para Ahli dalam bidangnya, antara lain Dr. H. Amran Suadi, SH, MH, MM, Ketua Kamar Peradilan Agama, Dr. H. Purwosusilo, SH, MH, Dr. H. Yasardin, SH, MHum, Prof. Dr. H. Abdul Manan, SH, SIP, dll. tersebut dihelat di Hotel Grandhika Jalan Pemuda Semarang dan diselenggarakan oleh Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung R.I..

Ibu Wiwik Windarwati , SH, MM Kepala Bidang Penyelenggara Diklat Pusdiklat Teknis Peradilan, sebagai Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan bahwa tujuan diadakannya Pelatihan Teknis Fungsional Penyetaraan Sertifikasi Hakim Ekonomi Syari’ah adalah pertama, untuk memberikan pelatihan dan/atau materi dengan keahlian khusus terhadap para peserta yang dipilih secara selektif, kedua, menyamakan persepsi bagi para peserta mengenai materi-materi dan praktek-praktek teknis peradilan tentang perkara ekonomi syari’ah, ketiga menambah dan mempertajam pengetahuan dan pemahaman bagi peserta agar mampu mengimplementasikan hal-hal yang terkandung dalam peraturan perundang-undangan, khususnya yang terkait dengan perkara ekonomi syari’ah.

Sementara itu dalam sambutannya, sebelum membuka acara secara resmi, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang menyatakan bahwa peran Hakim dari Peradilan Agama sangatlah penting dalam memberikan kepastian hukum terhadap semua pelaku bisnis pada sektor keuangan syariah. Semakin cepat, baik, dan berkualitas, para hakim dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah maka akan berdampak positif pada iklim usaha, termasuk pertumbuhan investasi dalam negeri akan semakin baik pula.

Dalam situasi dimana perkembangan bisnis keuangan syariah yang maju pesat ini menjadikan Pelatihan Teknis yang diselenggarakan ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas Hakim, terutama Hakim Ekonomi Syariah. Disamping adanya trend naiknya jumlah sengketa ekonomi syariah yang diterima Peradilan Agama, khususnya Perdilan Agama di Jawa Tengah, Indonesia juga mendapatkan pengakuan dunia internasional terhadap bisnis sektor keuangan syariahnya. Pada Kamis (17/10) Indonesia telah menerima penghargaan sebagai posisi pertama dalam Global Islamic Finance Report (GIFR) 2019 yang diumumkan oleh Directoral General of Cambridge-IIF, Humayon Dar, dalam acara peluncuran GIFR 2019 yang diterima oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro di Gedung Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional. Indonesia di posisi pertama Global Islamic Finance Report 2019 berhasil mengalahkan 48 Negara lainnya.

Setelah menyampaikan harapannya agar para Peserta betul-betul serius, fokus dan dengan rasa bahagia dan terbuka menerima ilmu dan wawasan yang tentunya akan lebih luas dan selanjutnya nanti bisa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dan ilmu yang didapat dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah di satkernya masing-masing, Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H. membuka acara Pelatihan Teknis Fungsional Penyetaraan Sertifikasi Hakim Ekonomi Syari’ah secara resmi.

Akhirnya acara Pembukaan Pelatihan Teknis Fungsional Penyetaraan Hakim Ekonomi Syariah ditutup dan dilanjutkan berfoto bersama antara Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Para Pimpinan pada Balitbang Diklat Kumdil dengan para Peserta. (f&n)

 

 

 

 

Pelaksanaan Asessmen Surveilance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II tahun 2019

on . Posted in Pengumuman

Berdasarkan surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 4733/DJA/OT.01.3/X/2019 tanggal 9 Oktober 2019 perihal Pelaksanaan Asessmen Surveilance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II tahun 2019, bersama ini kami sampaikan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor : W11-A/3744/OT.01.3/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 perihal Pelaksanaan Asessmen Surveilance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Gelombang II tahun 2019 sebagaimana terlampir.

1. Surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor : W11-A/3744/OT.01.3/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019

2. Surat  Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 4733/DJA/OT.01.3/X/2019 tanggal 9 Oktober 2019



Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semarang
Jl. Hanoman No. 18 Semarang 50146
Telp: 024 - 7600803
Fax: 024 - 7603866
Email Redaksi : ptajawatengah@gmail.com

Tautan Aplikasi