Artikel

Cetak

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PTA SEMARANG

Ditulis oleh Akbar Syaiful on .

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI PTA SEMARANG

“Pancasila itu sakti, dilawan dengan makar dan pemberontakan selalu menang. Diadu dengan argumen selalu menang. Diperdebatkan dalam lembaga konstitusional (pemilu dan sidang MPR) selalu unggul. Hai warga bangsa, hai generasi muda, Pancasila adalah kesepakatan luhur berbangsa dan bernegara”

(Mahfud MD, anggota Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP))

IMG 6698

Semarang – Peristiwa 30 September 1965 yang kita kenal dengan gerakan G30S/PKI merupakan pelajaran yang berharga bagi Bangsa Indonesia, revolusi yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang berniat mengganti Pancasila dengan faham komunis. Pancasila tetap dipertahankan oleh Bangsa Indonesia sebagai dasar dan falsafah negara, dan setiap tahun selalu diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

IMG 6699

Pada tanggal 30 September warga masyarakat mengibarkan bendera merah putih setengah tiang sebagai tanda berkabung, dan pada tanggal 1 Oktober pengibaran bendera merah putih satu tiang penuh untuk memperingati hari kesaktian Pancasila.

IMG 6707

Pengadilan Tinggi Agama Semarang memperingati hari kesaktian Pancasila tersebut dengan melaksanakan upacara bendera dihalaman gedung Kantor yang dihadiri seluruh Hakim, Pejabat struktural, Pejabat Fungsional, Staff dan Para Tegaga Honorer (PPNPN) pada Senin (1/10/2018), tepat pada pukul 08,00 WIB upacara dimulai. Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila meski tanpa kata sambutan inspektur upacara, namun berlangsung hikmat.

IMG 6715

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama selaku inspektur upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila yang diikuti peserta upacara.Kehikmatan suasana pagi itu sangat terasa ketika satu per satu sila Pancasila diucapkan dan diikuti oleh peserta upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 oleh Chandra Rizqi Hariyunan, SH dan Pembacaan naskah Ikrar Kesetiaan Pancasila sebagai ikrar komitmen sebagai bangsa yang setia dengan Pancasila dan NKRI oleh Pembina Upacara Dr. H. Bahruddin Muhammad, SH, MH. Upacara ditutup dengan doa bersama untuk para pahlawan yang dipimpin oleh Drs.H.Abu Bakar Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang. (red)

Add comment


Security code
Refresh

elektronik sigara
center