• dukacilacap
  • peraturan
  • laptah2015
Cetak

PELAYANAN TERHADAP PARA PENCARI KEADILAN DALAM PERSPEKTI DALAM MORAL

Ditulis oleh ichigo on .

PELAYANAN TERHADAP PARA PENCARI KEADILAN

DALAM PERSPEKTI DALAM MORAL

Oleh  Dr. H. Ahmad Fadlil Sumadi, S.H.,M.Hum

(Hakim Tinggi   PTA. Semarang)

Kita sebagai pelayan masyarakat dalam melayani  pencari keadilan harus meletakan dasar ikhlas / sebagai landasan spriritual. Seorang pemikir Islam bernama Al maududi, dengan meletakkan dasar pemikiran Al Urful al madinah / Kebiasaan madinah, di dalam alqur’an  dengan istilah Al ma’rufa, yakni suatu perbuataan yang baik menurut pandangan umum, kebiasaan tidak bertentangan dengan ajaran agama sebaliknya Al Munkar dalam Al quran kemungkaran. Hal yang paling baik, makruf, almafrudloh,  Allah telah menetapkan hal hal yang telah difardukan, maka jangan disia-siakan. Moral standar kebaikan dan keburukan.

Subyek berikutnya masyarakat pencari keadilan, katagorikan dalam Hukum Administrasi Negara, ada subyek dan obyek, subyek pegawai dan masyarakat obyek. Pegawai penyelenggara Negara. Dalam perspekti ilmu Negara dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Berbeda dengan jaman dahulu, jaman penjajahan.Hubungan yang sifatnya kawola dan gustinya. Bendoro dan abdi dalem. Negara yang merdeka, Negara punya kita, kesejahteraan untuk kita. Yang menyelenggarakan kita sendiri.

Dalam surat Al jumuah ayat 2

Artinya : Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

Didalamnnya terkandung maksud soal moral, bagaimana seorang rosul yang dibangkitkan dari bangsanya sendiri.  Bagaimana seorang hakim, sekretaris, panitera, pegawai negeri dan sebagainya dari bangsa sendiri.

 Surat  At taubah 128

Yang artinya:  Sesungguhnya telah datang kepada kamu seorang Rasul dari golongan kamu sendiri (iaitu Nabi Muhammad s.a.w.), yang menjadi sangat berat kepadanya sebarang kesusahan yang ditanggung oleh kamu, yang sangat inginkan kebaikan bagi kamu, (dan) ia pula menumpahkan perasaan belas serta kasih sayangnya kepada orang-orang yang beriman.

Dasar moralitas, setelah merdeka, diselenggarakan oleh bangsa sendiri.Melayani bangsa sendiri. Kita jujur punya mobil, rumah, dan sebagainya dari mereka / rakyat.  Apa yang diderita, bagaimana dulu, bagaimana sengsaranya.Sifat AZIZUN, bagaimana merasakan penderitaan para pencari keadilan. Untuk itu kita di Pengadilan Agama buat ruang tunggu yang lebih nyaman.Ruang untuk melayani mereka yang membayar mereka.Bagaimana mereka itu nyaman.Singapore sub ordinit court ada fasilitas pelayanan ruang tunggu yang nyaman. Ruang bertelefon, ini merupakan pengembangan dasar   azizun alaihima anitum. Kharishun alaikum bin mukminina roufur rokhim, Rosullullah yg mengharapkan ummatnya, bagaimana bangsanya baik, dan sisi keagamaan tidak sesat, kesejahteraan duduk sama tinggi dengan bangsa lainnya yang menjadikan umatnya lebih baik.

Alqurtubi,  dalam Tafsirnya kalau terharap  orang yang membenci beliau (rosulullah), kerena mempertahankan budaya (jahiliyah) yang dipertahankan manuaia, para Sahabat nabi menghendenki supaya didoakan dihapuskan dari muka bumi tapi rosul  dengan sifatnya rohmatal lil alamin tidak mau untuk berbuat demikian. Begitupun kita, Apakah kita dalam menjalankan tugasnya sudah seperti itu. Kalau sudah, kita tingkatkan dan meletakan pondasi dalam diri kita moral dan etika sebagai tonggak bagi kita lebih mampu memaknai tugas tugas kita sebagai IBADAH.

Add comment


Security code
Refresh

red kiwi
elektronik sigara
center
ukash