Cetak

Sosialisasi Komdanas hari 2

Ditulis oleh eko on .

Berita Sosialisasi KOMDANAS hari ke 2 (21/02/2013)

 

patra3

 

Kamis Pagi mulai pukul 08.00 WIB, Hall Ramayana Hotel Patra Convention Semarang sudah ramai oleh sekitar 150 Orang para Operator dari 75 Satker 4 Lingkungan Peradilan se Jawa Tengah. Ibarat orang yang kehausan, Para Operator tersebut sepertinya sudah tidak sabar ingin menimba sumur ilmu teknologi informasi yang diberi nama Komunikasi Data Nasional Mahkamah Agung RI (KOMDANAS MA-RI) langsung dari sumbernya. Hal ini sangat menggembirakan sebab ibarat gayung bersambut, para operator yang menginginkan bimbingan tentang aplikasi KOMDANAS MA-RI mendapat kehormatan diajar langsung oleh Sang maestro KOMDANAS MA-RI yaitu Bapak Joko Upoyo dan Bapak Juwan AlFauz dari Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI. Acara ini terselenggara dengan sumber dana dari DIPA Pengadilan Tinggi Agama Semarang tahun 2013 dan atas prakarsa Pengadilan Tinggi Agama Semarang selaku Korwil Pengadilan di Jawa Tengah dengan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.


patra4

Teknologi informasi dewasa ini berkembang sangat cepat. Masing – masing Kementerian dan Lembaga berlomba – lomba memanfaatkan teknologi informasi baik yang tersebut untuk mempermudah, mempercepat dan mempervalid tupoksi masing – masing. Oleh karena itu, sebagai warga peradilan yang baik kita dituntut untuk mengikuti perkembangan dan menggunakannya secara bijak. Semua itu dilakukan untuk menunjang pelaksanaan tupoksi kita sebagai aparat pengadilan. Salah satu manfaat teknologi informasi adalah memudahkan pengguna mengakses dan mengumpulkan data yang diperlukan dalam waktu cepat dan memastikan data yang dikirim adalah data yang valid. Mahkamah Agung berhasil mengembangkan Aplikasi KOMDANAS MARI yang sangat bermanfaat untuk mengumpulkan data baik data yang berkaitan dengan kepegawaian, umum, dan keuangan secara Nasional.

Hari ini Kamis (21/02/2013) merupakan hari kedua pelaksanaan sosialisasi aplikasi KOMDANAS MA-RI. Para peserta tampak antusisa dalam menyimak sosialisasi yang disampaikan Bapak Juwan Alfauz. Pengadilan Tinggi Agama Semarang bekerjasama dengan Hotel Patra Convention telah menyiapkan segalanya, terutama fasilitas wifi yang dipastikan mampu untuk mengcover akses ke KOMDANAS oleh 150 laptop dalam waktu yang bersamaan, sehingga pengoperasian aplikasi KOMDANAS dapat dilaksanakan dengan lancar. Hari ini para Operator secara langsung mempraktekkan mulai dari mengisi data kepegawaian (backup GPP, absensi, dll), mengisi berbagai data bagian umum (persediaan, SIMAK-BMN, dll) dan mengisi data bagian keuangan (SAKPA, LRA manual, dll). Output yang diharapkan dapat tercapai adalah bahwa setelah sosialisasi ini berakhir seluruh satker pada 4 Lingkungan Peradilan se Jawa Tengah di bawah Korwil Pengadilan Tinggi Agama sudah mengisi data – data awal di KOMDANAS secara lengkap dan tetap melaksanakan input data secara berkala pada aplikasi KOMDANAS secara tertib dan kontinyu.

Aplikasi yang  berbasis Website ini sangat mengakomodir transfer data secara cepat dan masiv. Aplikasi ini mengakomodir pengolahan data dari hulu ke hilir untuk 3 bagian di bidang kesekretariatan yaitu kepegawaian, umum dan keuangan. Penerapan Aplikasi ini juga bertujuan untuk memudahkan dalam proses pembuatan laporan, baik laporan tentang kepegawaian, umum dan keuangan, bahkan aplikasi ini juga berfungsi untuk memudahkan dalam pembuatan remunerasi sehingga dapat dimonitoring langsung oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan Mahkamah Agung (berbasis online).

Sosialisi yang diadakan pada hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh operator di seluruh Satker pada 4 Lingkungan Peradilan se Jawa Tengah tentang Aplikasi Komunikasi Data Nasional (KOMDANAS) sehingga komitmen yang telah dicanangkan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang selaku Korwil Pengadilan Jawa Tengah untuk mensukseskan KOMDANAS dan menjamin berjalannya Reformasi Birokrasi Lembaga Peradilan di Jawa Tengah serta komitmen mempertahankan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dapat dipastikan tercapai. (aksyai)

Add comment


Security code
Refresh

red kiwi
elektronik sigara
center
ukash