logo webpta

Written by Super User on . Hits: 236

kma

 

26 Desember 2020

Assalamu’alaikum WrWb

Salam sejahtera untuk kita semua

Om Swastiastu Namo Buddhaya Salam Kebajikan

Para Pimpinan Peradilan, Para Hakim dan Seluruh Warga Peradilan yang saya banggakan

Beberapa hari lagi kita akan tiba di penghujung tahun 2020, dan sudah menjadi tradisi bagi Mahkamah Agung serta Badan Peradilan di bawahnya untuk menyampaikan Laporan Tahunan yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2021 bertempat di Tower Mahkamah Agung Lantai 14 secara daring dan luring, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada public yang berisi capaian keinerja dan prestasi-prestasi yang dicapai Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya dalam satu tahun terakhir. Oleh karena itu diminta kepada para Ketua atau Kepala Pengadilan pada 4 (empat) lingkungan peradilan agar segera menyampaikan data penyelesaian perkara dan data keuangan paling lambat tanggal 5 Januari 2021, untuk penginputan data dalam Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2020.

Selain itu, perlu saya tegaskan kembali, hal-hal sebagai berikut:

Core Business Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya adalah menyelesaikan perkara, sehingga semua tugas dan fungsi lainnya ditujukan untuk memberikan dukungan kepada proses penyelesaian perkara.

Pimpinan Pengadilan adalah Ketua atau Kepala dan wakil Ketua atau Wakil Kepala Pengadilan, sedangkan Panitera adalah supporting unit didalam penyelenggaraan administrasi perkara dan Sekretaris adalah supporting unit didalam penyelenggaraan administrasi umum.

Oleh karena itu perlu adanya porsi yang seimbang dalam penyediaan sarana dan prasarana baik untuk keperluan penyelenggaraan teknis perkara maupun administrasi umum yang pelaksanaannya dibawah koordinasi dan pengawasan Pimpinan Pengadilan.

Untuk mewujudkan pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel saya mewajibkan kepada Pejabat Esselon I dan Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama untuk secara sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab dalam melakukan pengawasan pelaksanaan penggunaan pada satuan kerja masing-masing dengan melakukan pemeriksaan mendadak, minimal satu kali dalam 3 (tiga) bulan dan khusus bagi Pengadilan Tingkat Pertama, agar senantiasa mengawasi pembayaran uang titipan Pihak ketiga pada satuan kerja masing-masing dengan melakukan pemeriksaan mendadak minimal 1 (satu) kali dalam 3 (tiga) bulan.

Pejabat Esselon I, Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding dan Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama, wajib melaporkan hasil pengawasan dan pemeriksaan tersebut kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial.

Bagi 94 (Sembilan puluh empat) satuan kerja dibawah Mahkamah Agung yang baru saja menerima anugerah Zona Integritas menuju WBK / WBBM yang terdiri dari 1 (satu) satker Esselon I, yaitu Direktorat Jenderal Peradilan Agama, 7 (tujuh) satker Pengadilan Tinggi, 6 (enam) satker Pengadilan Tinggi Agama, 1 (satu) saker Pengadilan Militer Utama, 25 (dua puluh lima)  satker Pengadilan Negeri, 44 (empat puluh empat) satker Pengadilan Agama, 1 (satu) satker Pengadilan Tata Usaha Negara, dan 8 (delapan) satker Pengadilan Militer yang diantaranya sebanyak 9 (Sembilan) satker yang menerima predikat WBBM, yaitu: Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Pengadilan Militer I 06 Banjarmasin, Pengadilan Militer 3 XIII Madiun, Pengadilan Militer Utama, Pengadilan Negeri Bogor, Pengadilan Negeri Wates, Pengadilan Tinggi Semarang dan Pengadilan Tinggi Tanjung Karang.

Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yeng telah mengharumkan nama Mahkamah Agung dan saya berharap agar apa yang telah dicapai tersebut bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Sedang bagi satuan kerja yang belum mendapatkan anugerah WBK / WBBM agar terpacu untuk bisa meraih hal yang sama di tahun mendatang.

Menutup pesan ini, saya ingatkan kembali kepada seluruh warga peradilan agar senantiasa menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan supaya kita semua bisa terhindar dari penularan wabah covid19.

Wabillahittaufiq wal hidayah. Wassalamu;alaikum Wr.Wb.

 

*secarai daring tanggal 26 Desember 2020

Hubungi Kami

Pengadilan Tinggi Agama Semrang

Jl. Hanoman No. 18 Semarang

Krapyak, Kec. Semarang Barat,

Kota Semarang 50146

Jawa Tengah

 

Telp : (024) 7600803

Fax  : (024) 7603866

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

istagram ig pta-semarang

maps1 Lokasi Kantor